Beranda Tiket Wisata

Bukit Pangonan Tiket & Daya Tarik Desember 2021

Bukit PangonanHarga Tiket: Rp5.000Jam Buka: 07.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Silaban-Karang Duren, Karangaren Lor, Karanggintung, Kemranjen, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53194

Bukit Pangonan merupakan salah satu destinasi wisata unik yang berada di Dieng. Menariknya di sini yaitu pengunjung bisa menikmati panorama padang sabana yang indah. Kawasan ini diresmikan oleh pemerintah setempat tahun 2016 saat perayaan Tawur Agung Umat Hindu yang berlangsung di Kawah Sikidang.

Selain menjadi kawasan wisata, di sini juga menjadi salah satu pos atau basecamp pendakian sebelum menuju ke puncak Pangonan. Bukit ini berbentuk seperti kawah gunung beserta kalderanya. Dari sini panorama alam sabana dapat terlihat dengan jelas dan semakin menawan saat musim kemarau. Tidak hanya itu, keindahan kompleks Candi Arjuna dan kawah Sikidang juga dapat terlihat dari sini.

Harga Tiket Masuk Bukit Pangonan

Untuk dapat menikmati pemandangan alam yang indah di bukit ini, perlu membayar tiket masuk. Harga tiket belum termasuk biaya parkir yang tarifnya berdasarkan jenis kendaraan.

Harga Tiket Masuk
Per orangRp5.000
Parkir MotorRp2.000
Parkir MobilRp3.000

Baca Juga:  9 Destinasi Wisata Terbaik di Dieng

Jam Buka Bukit Pangonan

Bukit ini dapat terbuka untuk umum setiap hari dari pagi hingga sore. Jika ingin menikmati pemandangan dengan nyaman, datanglah ke sini pada pagi hari atau sore hari. Tidak disarankan untuk datang pada musim hujan karena kawasannya akan berkabut.

Jam Operasional
Setiap hari07.00 – 17.00

Pemandangan Sabana dari Bukit Pangonan

Pemandangan Sabana yang hijau di cuaca cerah
Daya tarik dari Bukit Pangonan yaitu pemandangan alam padang sabananya yang indah saat musim hujan maupun kemarau. Foto: Google Map/Silver Fox

Salah satu daya tarik dari bukit ini yaitu pemandangan sabananya yang indah. Pemandangan ini berbeda di tiap musimnya. Saat musim hujan, padang sabana akan dipenuhi oleh rumput yang hijau dan asri. Sedangkan, pada musim kemarau, rumput di padang ini akan mengering dan berubah menjadi coklat. Saat tertimpa sinar matahari, warna coklat tersebut akan terlihat seperti keemasan.

Selain dari atas pos, pengunjung juga bisa turun langsung ke sabana. Di sini dapat menjadi area berfoto yang menarik di sela-sela rerumputan. Hasil foto akan terkesan estetik. Jangan lupa membawa topi dan kacamata hitam saat berfoto agar tidak terlalu silau saat terkena sinar matahari.

Baca Juga: 16 Destinasi Wisata Terbaik di Banyumas

Mendaki ke Puncak Pangonan

Pemandangan alam dari puncak Pangonan
Untuk sampai ke puncak Pangonan, pengunjung hanya perlu berjalan 20 sampai 30 menit. Foto: Google Map/Agung Agil Ryu

Aktivitas menarik lain yang dapat dilakukan di Bukit Pangonan yaitu mendaki ke puncaknya. Tidak memerlukan waktu lama untuk sampai ke puncaknya, yaitu sekitar 20 sampai 30 menit. Persiapkan pakaian hangat karena di puncak suhunya akan terasa lebih dingin. Dari sini pemandangan matahari terbit dan terbenam akan terlihat sangat indah. Pemandangan tersebut akan semakin dramatis apabila cahaya mataharinya mengenai rumput di padang sabana.

Puncak pangonan berada di atas ketinggian 2300 mdpl. Sehingga masih cocok bagi pendaki pemula karena jalanan menuju puncak tidak terlalu terjal. Di area ini tersedia selfie deck dengan latar belakang jembatan dan pemandangan desa. Selain itu, di sini juga diperbolehkan untuk berkemah sambil menikmati alam. Dari puncak bukit ini dapat terlihat dengan jelas kompleks Candi Arjuna di sebelah timur laut.

Wisata Foto dan Melihat Laut dari Puncak Pangonan

Pengunjung yang berfoto di batu nama Bukit Pangonan
Di Bukit Pangonan, pengunjung dapat berfoto dan melihat laut selatan dari kejauhan. Foto: Google Map/Khuri Zeba

Area Puncak Pangonan memang menawarkan wisata foto yang unik bagi pengunjung. Karena letaknya di dataran tinggi, maka banyak pemandangan yang bagus  yang bisa menjadi latar foto. Pemandangan seperti gumpalan awan dan langit saat hari cerah serta padang sabana yang eksotis. Selanjutnya di sini juga terdapat area perkebunan, hutan yang asri, dan kawasan pedesaan. Bahkan, jika cuaca cerah, pengunjung bisa melihat laut selatan dari sini.

Selain bentang alam sebagai objek, pengunjung juga bisa berfoto di depan dinding yang bertuliskan nama tempat ini. Berfoto di sini wajib sebagai kenang-kenangan pernah datang ke tempat ini. Berhati-hati saat berfoto, terutama saat berdiri di tepi selfie deck.

Candi Kunti di Lereng Bukit Pangonan

Ada area wisata menarik di lereng Bukit Pangonan. Pada Februari 2020, ditemukan Candi Kunti di sini. Selama proses ekskavasi terdapat sebuah candi yang menghadap ke timur dan berbentuk persegi panjang. Selain itu, pada proses ekskavasi juga berhasil menemukan kaki arca dan ratna atau bagian atap candi. Meski sudah berlangsung proses ekskavasi, candi ini belum terbuka untuk umum.

Penamaan Candi Kunti terinspirasi dari nama ibu dari para pandawa. Penamaan tersebut menjadi pilihan pihak Unit Candi Dieng untuk melengkapi nama candi di komplek Candi Arjuna. Candi yang berada di lereng ini menjadikan letaknya lebih tinggi dari candi-candi yang lain di sana. Hal ini menuai anggapan sebagai isyarat seorang ibu yang sedang mengawasi anak-anaknya.

Fasilitas di Bukit Pangonan

Pihak pengelola sudah menyediakan yang cukup memadai. Fasilitas tersebut yaitu toilet dan pos basecamp yang dapat digunakan sebagai tempat beristirahat sejenak. Kemudian, di sini juga tersedia beberapa homestay berupa rumah-rumah warga yang disewakan. Jangan khawatir kelaparan karena ada beberapa warung dan pedagang makanan yang berada di sekitar lokasi wisata.

Lokasi Bukit Pangonan

Bukit ini berlokasi di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Untuk sampai ke sini, pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Karena tidak adanya angkutan umum untuk sampai ke sini. Kondisi jalan menuju lokasi sudah beraspal dan cukup baik.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 12

Kasi Bintang