Beranda Tiket Wisata

Curug Nangga Tiket & Pesona Air Terjun 7 Tingkat - Oktober 2022

0
Harga Tiket Masuk Curug Nangga : Rp10.000Jam Buka: 08.00 WIB - 17.00 WIBNo Telp: -Alamat: Desa Petahunan, Pekuncen, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53164

Curug Nangga sebuah keindahan tersembunyi yang ada di Kabupaten Banyumas. Disebut begitu karena lokasinya berada di tempat yang terpencil. Tempat ini mulai terkenal pada tahun 2015 lewat  media sosial. Keunikan dari tempat wisata ini adalah air terjunnya yang berundak dan memiliki 7 tingkatan. Ketinggiannya pun bervariasi, yaitu antara 10-20 meter.

Pesona alami sangat terasa apabila berkunjung ke air terjun ini. Hal itu karena lokasinya yang berada di tengah hutan. Air deras yang mengalir seakan menghipnotis wisatawan untuk bermain-main di bawahnya. Kesegaran dari airnya pun sangat cocok untuk berenang atau sekedar membasuh diri. Pepohonan hijau yang mendominasi kawasan air terjun juga menambah kesan teduh dan asri. Jika berkunjung ke Banyumas wajib hukumnya menyempatkan diri mengunjungi Curug Nangga.

Harga Tiket Masuk Curug Nangga

Untuk menikmati keindahan dari Curug Nangga, setiap pengunjung perlu membayar tiket masuk. Namun tenang saja harga tiket masuknya cukup terjangkau. Dengan sekali bayar, wisatawan bisa sepuasnya menikmati pesona air terjun ini. Selain itu tidak ada perbedaan harga tiket antara hari biasa dengan akhir pekan/hari libur.

Harga Tiket Masuk Curug Nangga
Tiket MasukRp10.000
Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: Alun-alun Banyumas Wisata Sarat Nilai Sejarah

Jam Buka Curug Nangga

Pastikan untuk mengetahui jam buka Curug Nangga agar bisa menentukan waktu yang tepat untuk berkunjung. Kawasan wisatanya buka setiap hari dari pagi hingga sore. Datanglah ketika cuaca cerah dan tidak sehabis hujan. Karena selain licin, aliran air dari Curug Nangga setelah hujan akan berwarna coklat dan kurang menarik.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 WIB – 17.00 WIB

Keindahan Tersembunyi di Sisi Barat Banyumas

Air terjun bertingkat-tingkat
Pesona unik air terjun yang berundak-undak. Foto: Gmaps/Etika Fathurrohmah

Berada di Desa Petahunan, Curug Nangga memiliki beragam pesona yang bisa menghipnotis wisatawan. air terjun dengan 7 tingkatan menjadi satu hal unik yang jadi keunggulan dari tempat ini. Berada di ketinggian 1.200 Mdpl, menyebabkan hawa di area air terjun pun begitu sejuk. Apalagi ditambah dengan lokasinya yang masih sangat asri. Lokasinya yang berada di tengah hutan dengan pepohonan hijau mengelilingi tempat ini.

Curug Nangga menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat dan melarikan diri sejenak dari hiruk pikuk rutinitas. Berbagai hal seru bisa dilakukan di tempat ini. Sekedar bersantai menikmati pesonanya atau menceburkan diri ke dalam airnya yang segar bisa menjadi pilihan wisatawan. Bagi pecinta wisata alam yang memiliki jiwa petualangan, berkunjung ke sini merupakan pilihan tepat. Karena untuk mencapai lokasinya harus berjalan menyusuri hutan dengan jarak cukup jauh.

Baca: LOKAWISATA Baturraden Tiket & Wahana

Trekking 1 KM Menuju Air Terjun

Sawah terasering dan perbukitan yang indah
Pemandangan yang bisa dilihat di sepanjang rute menuju lokasi air terjun. Foto: Gmaps/Rurix Motovlog

Yang menarik dari air terjun ini yaitu lokasinya yang mengharuskan trekking. Dari area parkir kendaraan, wisatawan harus berjalan dengan jarak kurang lebih 1 Km. Dengan waktu tempuh kurang lebih 20-40 menit, tergantung tempo perjalanan. Karena hal itulah maka pastikan kondisi badan fit jika berkunjung ke sini. Meski begitu suguhan pemandangan hutan dan hawa sejuk akan menemani di sepanjang perjalanan. Itu tentunya menjadi kemewahan tersendiri selama perjalanan.

Area hutan yang masih sangat alami akan memberikan pengalaman tersendiri. Selain hutan, wisatawan juga bisa melihat area persawahan terasering. Ketika padi mulai menghijau pesona luar biasa tersaji di depan mata. sajian pemandangan di sepanjang perjalanan membuat rasa lelah seakan tidak terasa.

Baca: HUTAN PINUS LIMPAKUWUS Banyumas Tiket & Aktivitas

Bermain Air di Curug Nangga

Bermain di bawah air terjun
Bermain air di bawah aliran air terjun menjadi aktivitas seru dan menyenangkan. Foto: Gmaps/Masdain Trizeronine

Dengan airnya yang jernih dan segar seakan menarik wisatawan untuk menceburkan diri ke dalamnya. Berenang menjadi salah satu aktivitas favorit di kolam air terjun. Cekungan seperti kolam yang berada tepat di bawah air terjun menjadi spot yang paling menarik untuk berenang. Tidak perlu khawatir, karena kolam ini tidak dalam hanya sepinggang orang dewasa.

Pesona Berbeda Di Setiap Undakan

Memiki tujuh tingkatan menjadi sebuah keunikan dari air terjun ini. Wisatawan bisa naik dan menikmati keindahan di setiap tingkatan air terjun. Semakin tinggi posisinya maka semakin luas pemandangan hutan dan sawah yang bisa terlihat. Pastikan punya energi lebih untuk naik dan melihat setiap tingkatan dari curug ini. Untuk aksesnya sendiri sudah tersedia anak tangga untuk naik ke setiap tingkatan.

Bersantai Melepas Penat

Curug Nangga juga cocok untuk wisatawan yang ingin sekedar bersantai. Duduk dan bercengkerama bersama orang-orang tersayang dengan pemandangan eksotis air terjun 7 tingkat. Wisatawan bisa duduk di gazebo-gazebo yang telah tersedia di sekitar air terjun.

Gemercik air yang mengalir akan semakin menambah kesan nyaman dan asri dari tempat ini. Kegiatan bersantai akan semakin nikmat jika sambil menyantap makanan. Di sekitar curug ada beberapa warung yang menyediakan berbagi macam hidangan. Salah satu yang favorit adalah gorengan yang dihidangkan ketika masih hangat.

Baca: Kebun Raya Baturraden Tiket & Aktivitas

Abadikan Keindahan Curug Nangga

Keindahan salah satu tingkatan Curug Nangga
Keindahan dari air terjun ini menadi spot foto yang sangat menarik. Foto: Gmaps/ Saparatoz Blank.

Setiap sudut kawasan air terjun menawarkan pesona yang indah. Maka dari itu wajib hukumnya untuk mengabadikan momen di tempat ini. Bagi pecinta fotografi, destinasi wisata ini sangat cocok untuk menghasilkan jepretan yang bagus. Air terjun berundak-undak dengan area hijau di sekelilingnya menjadi obyek yang sangat luar biasa.

Fasilitas Curug Nangga

Meski masih minim, tapi fasilitasnya cukup memadai dan mampu mengakomodasi kebutuhan wisatawan. Di tempat ini sudah tersedia area parkir kendaraan, toilet dan kamar mandi, gazebo hingga warung kuliner.

Lokasi Curug Nangga

Lokasi Curug Nangga beralamat di Desa Petahunan, Kec. Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Lokasinya berjarak sekitar 27 Km dari pusat kota Banyumas dan bisa ditempuh selama kurang lebih 1 jam. Akses menuju ke lokasi wisata sudah baik dengan medan berkelok-kelok khas daerah pegunungan.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 17

Berikan Rating