Beranda Tiket Wisata

GUNUNG NGLANGGERAN Tiket & Pesona – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Gunung Nglanggeran : Rp15.000Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55862

Gunung Nglanggeran salah satu gunung yang berada di daerah Gunung Kidul. Gunung ini masih berada dalam rangkaian kawasan Gunung Sewu. Berbeda dengan gunung pada umumnya, gunung ini merupakan gunung api purba. Kawasannya pernah menjadi gunung api aktif sekitar 70 tahun yang lalu. Kini meninggalkan warisan keindahan alam yang luar biasa.

Dari sekitar kawasannya terbentang keindahan rangkaian Gunung Sewu yang memesona. Gunung Api Purba Nglanggeran tidak terlalu tinggi. Hanya sekitar 700 mdpl dan hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja untuk mencapai puncak. Tak heran tempat ini bisa menjadi alternatif untuk pendaki pemula. Dari puncaknya bisa menikmati momen sunrise maupun sunset.

Harga Tiket Masuk Gunung Nglanggeran

Bagi yang ingin masuk ke kawasan gunung api purba Nglanggeran akan dikenai biaya masuk. Harga tiket di tempat ini sangat murah meriah. Wisatawan juga bisa sekaligus berkemah tanpa tambahan biaya lagi.

Harga Tiket Masuk Gunung Nglanggeran
Tiket Masuk Rp15.000
Parkir
Motor Rp2.000
Mobil Rp5.000

Baca: GEOPARK GUNUNG SEWU Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Gunung Nglanggeran

Wisatawan tidak perlu bingung untuk menentukan waktu berkunjung. Pasalnya tempat wisata ini buka selama 24 jam. Waktu terbaik untuk melakukan pendakian adalah pagi atau sore hari.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Pesona Keindahan Gunung Api Purba

Keindahan dari puncak Gunung Nglanggeran
Keindahan alam hijau dengan batuan karst berusia jutaan tahun menjadi pesona unik dari tempat ini. Foto: Gmaps/Ariq Fachry

Berbeda dengan wisata gunung di tempat lain, Gunung Nglanggeran punya keunikan tersendiri. Sudah ada sejak jutaan tahun lalu membuat banyak hal berbeda di sekitar kawasannya. Misalnya bebatuan unik dengan ukuran bervariasi menghiasi sepanjang jalur pendakian. Dengan dominasi bebatuan karst, gunung ini memiliki dua puncak di sebelah barat dan timur. Di tengah antara dua puncak terdapat kaldera yang menjadi bukti sebagai gunung api.

Tak jauh dari pusat kota Yogyakarta, tempat ini bisa menjadi alternatif untuk menikmati sensasi petualangan. Jalur pendakiannya cukup ramah dan sudah tertata sehingga cocok untuk pemula. Tak hanya keindahan gunungnya saja, tempat ini juga punya daya tarik lain. Wisatawan bisa menyaksikan kirab budaya hingga kerajinan tangan warga sekitar.

Baca: HEHA SKY VIEW Tiket Masuk & Aktivitas

Berselimut Banyak Mitos

Jalur pendakian di Gunung Nglanggeran
Gunung ini memiliki jalur pendakian yang ramah sehingga cocok untuk pemula. Foto: Gmaps/Sagiku 7

Seperti halnya gunung lain di Indonesia, Gunung Nglanggeran juga terdapat beberapa mitos. Salah satu mitos yang unik terkait pemukiman di bawah gunung. Desa tersebut hanya berisikan tujuh kepala keluarga.

Warga percaya jika desa tersebut berpenghuni lebih dari 7 kepala keluarga maka hal buruk akan terjadi. Penghuni kedelapan akan meninggal atau terserang penyakit. Namun hal tersebut justru menjadi daya tarik tambahan yang ada.

Selain itu ada juga mitos mata air di puncak gunung. Menurut kepercayaan mata air tersebut menjadi tempat mandi para bidadari. Dulunya kawasan mata air tersebut merupakan tempat penyembahan. Terbukti dengan bekas-bekas pertapaan yang masih ada hingga sekarang. Wisatawan bisa masuk area mata air ini, kecuali untuk yang sedang datang bulan.

Di area sekitar puncak tinggal seorang sesepuh bernama Mbah Redjodimulyo. Wisatawan juga bisa berkunjung ke rumah Mbah Redjomulyo. Beliau sangat ramah dan sangat suka bercerita tentang mitos dan kisah yang ada di Gunung Nglanggeran.

Baca: HEHA OCEAN VIEW Tiket & 4 Daya Tarik

Pesona Puncak Gunung Nglanggeran

Keindahan bentuk puncak Gunung Api Purba Nglanggeran
Karena tidak terlalu tinggi dari bawahpun keindahan puncak gunung ini sudah terlihat jelas. Foto: Gmaps/Muhammad Fauzan

Tidak butuh waktu lama untuk mencapai puncak gunung api purba ini. Cukup mendaki sekitar kurang lebih satu jam wisatawan sudah sampai di titik tertinggi. Jalurnya sangat ramah sehingga cocok untuk mendaki bersama keluarga. Ketika sampai di atas suguhan pemandangan menakjubkan siap menyambut. Pemandangan hijau rangkaian Gunung Sewu juga akan terlihat dengan jelas.

Dari puncaknya terlihat bentang alam daerah Bantul dan Gunung Kidul. Tebing-tebing karst yang menjulang di antara gunung menjadi pesona khas yang memanjakan mata. Sementara area puncaknya berupa daratan datar yang luas. Sehingga sangat cocok sebagai lokasi bersantai. Angin sejuk yang berhembus membuat wisatawan semakin betah berlama-lama.

Baca: PANTAI NGOBARAN Gunungkidul Tiket & Daya Tarik

Sunset dan Sunrise

Momen sunrise di Gunung Nglanggeran
Apabila langit sedang cerah tempat ini sajikan pemandangan sunrise dan sunset yang sangat indah. Foto: Gmaps/Gibrandon-X

Gunung Nglanggeran bisa menjadi alternatif menikmati momen sunset atau sunrise di Yogyakarta. Ketika pagi dan cuaca cerah wisatawan akan disuguhi pertunjukkan alam yang megah. Langit jingga berpadu dengan lautan awak di bawah puncak begitu cantik. Pada saat pagi wisatawan akan merasakan sensasi berada di atas awan.

Untuk menikmati momen matahari terbit bisa dengan berkemah di gunung. Area lapang yang cukup luas di puncaknya mampu menampung banyak tenda. Selain itu ketika malam pemandangan dari puncak juga begitu istimewa. Kerlap-kerlip lampu kota menciptakan momen yang romantis. Menikmati malam bersama kerabat maupun sahabat akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan.

Baca: TERAS KACA Nguluran Tiket & Wahana

Daya Tarik Budaya dan Kerajinan

Di waktu-waktu tertentu wisatawan bisa menyaksikan pagelaran kirab budaya. Warga di bawah gunung masih sangat menjaga tradisi lama. Beberapa gelaran yang kerap berlangsung misalnya Rasulan, Jathilan dan upacara adat masyarakat.

Selain itu wisatawan bisa belajar aneka kerajinan warga sekitar. Seperti kerajinan kayu yang dibuat topeng dan gelang. Tak hanya kerajinan tangan, ada juga kreasi kuliner Dodol Kakao dan Brownies Singkong. Wisatawan bisa melihat proses pembuatannya sekaligus membawanya sebagai oleh-oleh.

Fasilitas Gunung Nglanggeran

Fasilitas yang ada di tempat ini sudah sangat memadai. Tersedia area parkir, toilet, warung kuliner, gazebo hingga mushola.

Lokasi Gunung Nglanggeran

Tempat wisata ini beralamat di Desa Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Berada tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Hanya sekitar 15 Km dan bisa ditempuh dalam waktu setengah jam. Lokasinya sangat dekat dengan wisata Bukit Bintang Gunung Kidul.

Tanggapan:

4.9 / 5. dari 27

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini