Beranda Tiket Wisata

GOA RONG Tiket & 5 Atraksi Menarik Desember 2021

Goa RongHarga Tiket: Rp20.000Jam Buka: 07.00 - 18.00No Telp: -Alamat: Jalan Lerak Lopait, Delik, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50773

Semarang memiliki wisata di ketinggian bernama Goa Rong. Keberadaan kawasan wisata ini menunjukkan bahwa Semarang tak hanya identik dengan Lawang Sewu atau Kota Lama saja. Meskipun bernama Goa Rong, tempat yang menonjol di sini bukanlah gua nya. Melainkan daerah ketinggian dengan pemandangan yang menakjubkan.

Sementara di objek wisata ini, bagian gua-nya hanya lorong yang sempit dan tidak memungkinkan dimasuki oleh manusia. Namun sebaliknya, pemandangan yang tersaji dari atas bukitnya begitu menakjubkan. Wisatawan dapat menghabiskan waktu dengan berfoto, menikmati pemandangan, atau kuliner di cafe. Bahkan, tersedia juga fasilitas outbond.

Harga Tiket Masuk Goa Rong Semarang

Objek wisata ini menetapkan tarif yang sangat terjangkau. Tarif tiketnya sendiri sudah mencakup segala fasilitas yang ada di Goa Rong.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp20.000

Baca: Tempat Wisata di Semarang: 39 Rekomendasi Lengkap

Jam Buka Goa Rong

Objek wisata ini dapat buka dari pagi hingga sore hari. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung adalah saat sore hari. Karena wisatawan dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang begitu indah. Aktivitas ini merupakan salah satu yang paling menjadi incaran wisatawan.

Jam Operasional
Setiap hari07:00 – 18:00 WIB

Mengenal Wisata Goa Rong

Pemandangan Indah di Goa Rong.
Pemandangan Indah di Goa Rong. Foto: Gmap/Avocado MotoVlog

Goa Rong adalah wisata dataran tinggi dengan daya tarik yaitu pemandangan dari ketinggian. Bahkan, pada saat pagi hari tempat ini seolah seperti negeri di atas awan. Meskipun memiliki nama “goa”, di sini gua-nya bukanlah daya tarik utama.. Lokasinya pun berada di bawah dekat dengan pintu masuk, dan berukuran kecil.

Tak jarang wisatawan akan langsung menuju atas bukit untuk menyaksikan pemandangan. Bahkan banyak pengunjung yang tidak mengetahui lokasi gua ini. Namun tentunya, keberadaan gua ini dulunya sangat berarti. Yaitu sebagai tempat pertapaan dan persembunyian Belanda pada masa lalu.

Disamping itu ada cerita bahwa terdapat jalan dari gua menuju ke Rawa Pening. Terlepas dari itu semua Goa Rong memang memiliki pemandangan yang sangat indah.

Pada saat hari cerah wisatawan dapat menikmati pemandangan alam berupa gunung dan danau. Setidaknya pemandangan lima gunung secara langsung dapat terlihat dari sini. Tak ketinggalan tentu saja pemandangan indah dan luasnya danau Rawa Pening.

Baca: RAWA PENING Semarang: Tiket & 4 Zona Wisata

Pemandangan 5 Gunung

Pemandangan indah lima gunung dalam satu view, merupakan daya tarik utama kawasan wisata ini. Setelah sampai wisatawan bisa langsung menuju bukit untuk melihat pemandangan. Atau langsung menuju gazebo untuk menyaksikan pemandangan sambil bersantai. Seketika, mata akan langsung disuguhkan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Dari viewpoint ini pemandangan Gunung Sumbing, Ungaran, Sindoro, serta Telomoyo bisa terlihat dengan jelas. Ditambah dengan area perbukitan lain yang ada di sekitar gunung. Selain itu, wisatawan juga dapat menyaksikan pemandangan indahnya Rawa Pening. Permukaan danau ini berkilau karena terpaan sinar matahari yang membuatnya tampak lebih cantik.

Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat menyaksikan lalu lalang kendaraan di jalan Tuntang, Bawen, serta Tol Semarang-Solo. Pada saat mendung, suasana di atas seolah seperti negeri di atas awan dengan awan yang menutupi daratan.

Baca: Lembah Sumilir Semarang Tiket & Wahana Seru

Wahana Foto

Spot Foto dengan Lantai Kaca
Spot Foto dengan Lantai Kaca. Foto: Gmap/fitria dewi

Selama berada di kawasan wisata ini pengunjung bisa dengan puas mencoba berbagai wahana foto. Ada spot foto dengan lantai kaca yang menantang. Dari lantai kaca ini, wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang gunung serta Rawa Pening yang memukau. Tak perlu khawatir jatuh, karena sekelilingnya sudah terpasang pagar besi yang kuat.

Ada juga spot foto gardu pandang yang menjorok ke arah jurang. Spot foto ini terbuat dari bambu, dengan kanan kirinya juga telah dilengkapi pagar pelindung. Ditambah dengan hiasan bunga-bunga yang membuat pemandangan akan semakin mempesona. Atau berfoto dengan tulisan “Goa Rong View” yang di belakangnya tentu ada pemandangan gunung serta danau.

Baca: TAMAN BUNGA CELOSIA Tiket & 6 Spot Selfie Keren

Romantisnya Pemandangan Sunset

Area Menyaksikan Sunset
Area Menyaksikan Sunset. Foto: Gmap/Bambang wijanarko

Objek wisata ini dapat menjadi spot berburu pemandangan romantis. Mengajak pasangan tentu akan lebih berkesan. Wisatawan dapat datang saat sore hari jelang matahari terbenam. Karena pemandangan matahari terbenam di sini begitu menakjubkan.

Pada saat matahari mulai terbenam, langit yang biru berubah menjadi oranye. Pantulan warna oranye tampak terang terpantul dari Rawa Pening. Samar-samar tampak burung berterbangan pulang ke sarangnya. Matahari tampak jelas bulatannya berwarna kuning kemerahan.

Bagi yang ingin mofoto dapat langsung mengabadikan momen di wahana yang telah tersedia. Terdapat gardu pandang yang memiliki pagar pembatas supaya aman ketika berfoto. Jika ingin lebih puas berfoto, datanglah saat hari biasa. Karena saat hari libur dan akhir pekan pengunjung cukup ramai memadati kawasan wisat ini.

Wisata Kuliner Di Pegunungan

Menyantap Makanan dan Minuman Hangat di Udara yang Dingin
Menyantap Makanan dan Minuman Hangat di Udara yang Dingin. Foto: Gmap/Hanny Havitdema

Sore menjadi malam, romantisnya tempat ini tak ikut terbenam bagaikan mentari. Pada saat malam hari, suasana pun semakin romantis. Wisatawan bisa menikmati makan malam di cafetaria sekitar area view point. Dengan suasana dingin, makanan dan minuman hangat terasa pas sebagai penawar.

Berbagai menu makanan & minuman hangat siap menemani seperti coklat, kopi, atau teh hangat. Makanan yang baru masak pun siap dihidangkan kepada wisatawan. Apalagi, wisatawan menyantap menu-menu ini sambil menikmati pemandangan kelap-kelip bintang. Serta lampu-lampu jalan di bawah sana yang tampak meriah.

Mushola dengan Dinding Kaca

Bagi wisatawan muslim, sempatkan diri untuk beribadah di mushola Goa Rong. Karena mushola di sini terbilang unik. Dimana dinding yang menghadap kiblat terbuat dari kaca. Yang langsung menghadap ke pemandangan indah alam di hadapannya.

Lokasi Goa Rong Semarang

Objek wisata ini berlokasi di Jalan Lerak Lopait, Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Berjarak kurang lebih 43 kilometer dari pusat kota Semarang. Dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam berkendara ke arah selatan.

Tanggapan:

4.1 / 5. dari 25

Kasi Bintang