Beranda Tiket Wisata

Kampung Laut Cilacap Tiket & Pesona - Mei 2022

0
Kampung LautHarga Tiket Masuk: Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Kampung Laut, Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia, 53253

Kampung Laut sebuah desa sekaligus tempat wisata yang ada Cilacap. Letaknya sangat terpencil dan jauh dari pusat kota. Jika biasanya Cilacap terkenal karena wisata pantainya, namun destinasi yang satu ini menawarkan pesona yang berbeda. Lokasinya yang berada di tepi laguna Segara Anakan membuat tempat ini memiliki beragam wisata bahari. Wisatawan bisa menikmati pantai, hutan Mangrove, desa wisata, kuliner ikan dan belanja oleh-oleh  dalam satu tempat sekaligus.

Selain keindahan alam, di sini wisatawan bisa belajar banyak mengenai ragam flora, khususnya Mangrove. Selain itu wisatawan juga bisa belajar sejarah maritim. Sebab di masa lalu tempat ini pernah menjadi markas kerajaan Mataram untuk menghalau serangan bajak laut. Dengan keunikan yang tidak dimiliki tempat lain, wajib hukumnya mengunjungi tempat ini jika berwisata ke Cilacap.

Harga tiket Masuk Kampung Laut

Jangan khawatir soal harga tiket masuk. Meski memiliki beragam aktivitas namun untuk masuk ke tempat ini wisatawan cukup membayar biaya tiket yang murah. Memang terdapat biaya tambahan jika wisatawan ingin mencoba wahana yang ada di sana. Salah satunya adalah naik perahu.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Rp5.000

Baca: Pantai Cemara Sewu Cilacap Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka Kampung Laut Cilacap

Wisatawan bisa berkunjung kapan saja ke obyek wisata ini. Karena wisata Kampung Laut selalu buka selama 24 jam. Namun jika ingin menjelajah semua ragam yang ada, maka datang ketika siang hari dan kondisi cuaca sedang cerah.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Sejarah Panjang Kampung Laut Cilacap

Kampung laut yang masih sangat asri
Pesona pemukiman di laut dengan aktivitas warganya menjadi pemandangan khas yang menjadi keunikan tempat ini. Foto: Gmaps/Poniman Linda Muljadi

Sebelum menjadi tempat wisata, Kampung Laut menyimpan cerita sejarah yang panjang. Pada masa lalu tempat ini terkenal dengan nama Pejagan atau Bejagan. Nama itu tersemat di masa kerajaan Mataram yang menggunakan tempat ini sebagai markas menghalau bajak laut. Maka dari itu berdasarkan cerita yang diwariskan, warga kampung laut adalah keturunan asli para perwira Mataram yang bertugas di sini.

Bahkan menurut versi lain, tempat ini juga dikatakan sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. Kampung Laut adalah pos perbatasan antara Kerajaan Pasundan dengan Kerajaan Majapahit. Meski wilayahnya terpencil namun itu justru menjadi daya tarik tersendiri dari wisata ini. Selain bisa menikmati keindahan alam, wisatawan bisa mengamati sekaligus berinteraksi dengan warga asli yang mayoritas adalah nelayan.

Baca: Pantai TELUK PENYU Tiket & Aktivitas

Berkeliling Kampung Laut

Pemandangan Hutan Mangrove
Salah satu pemandangan yang bisa dilihat jika berkeliling dengan perahu adalah hamparan hutan mangrovenya. Foto: Gmaps/Erbi Bunya

Salah satu aktivitas favorit wisatawan di Kampung Laut ini yaitu berkeliling dengan menggunakan perahu. wisatawan bisa menyewa perahu milik warga sekitar. Selama berkeliling wisatawan akan melihat beragam gugusan pulau-pulau kecil yang indah. Pulau-pulau kecil ini  terbagi ke dalam empat desa yaitu Ujung Alang, Kleces, Ujung Gagak dan Panikel.

Selama berkeliling, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang tiada henti-hentinya. Selain pulau-pulau kecil, pemandangan lautan lepas juga terlihat memesona. Kawasan hutan Mangrove yang ada di tepi pantai menambah kesan asri dan alami dari tempat ini.

Baca: PANTAI SODONG Tiket & Aktivitas

Menyusuri Hutan Mangrove

Hutan mangrove kampung laut Cilacap
Jembatan kayu menjadi akses wisatawan untuk berkeliling di kawasan hutan mangrove. Foto: Instagram/@tiiwiie_cha

Selain berkeliling menggunakan perahu, hal menarik lainnya yaitu hutan mangrove. Kawasan hutan ini sangat luas dengan ukuran setidaknya 6 hektar. Hal itu juga yang membuatnya menjadi salah satu hutan Mangrove terbesar di kawasan Asia. Tersedia jembatan kayu yang menjadi akses wisatawan untuk berkeliling kawasan hutan.

Suasana asri tampak masih sangat terasa di tempat ini. Hal itu ditandai dengan banyaknya fauna yang masih berkeliaran. Jika beruntung wisatawan bisa melihat burung laut hingga monyet yang bergelantungan.

Keindahan dari tempat ini juga sangat cocok untuk tempat foto-foto. Selain jembatan kayu ada juga bangunan tinggi semacam gardu pandang. Wisatawan bisa naik ke atas dan menyaksikan pemandangan hamparan hutan Mangrove secara lebih luas.

Nikmati Kuliner Khas

Berkunjung ke Kampung Laut tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi sajian kuliner khasnya. Hidangan yang ada di tempat ini mayoritas menggunakan bahan baku hasil-hasil laut. Beberapa diantaranya adalah kerang totok, ikan belanak, udang, kepiting hingga ikan asin.

Selain makanan, wisatawan juga bisa memesan minuman. Yang unik dan menarik di Kampung Laut adalah wisatawan bisa membeli kelapa muda dengan harga sangat murah. Untuk satu kelapa muda dj tempat ini hanya dibanderol dengan harga Rp1.000 saja.

Menjelajahi Gua

Keunikan lainnya dari Kampung laut ini adalah adanya beberapa gua yang eksotis. Wisatawan bisa langsung menjelajahi kawasan tersebut. Beberapa gua yang ada di tempat ini diantaranya adalah Gua Mari, Batu Lawang, dan Masigit Sela. Berdasarkan penurutan warga sekitar, konon presiden Ir Soekarno dan Presiden Soeharto pernah singgah di Gua Masigit Sela.

Jembatan Apung

Jembatan penghubung dengan arsitektur terapung
Jembatan apung menjadi bangunan ikonik yang ada di tempat wisata ini. Foto: Gmaps/Yadna Lala

Yang menjadi ikon dari kampung laut ini adalah jembatan apungnya. Jembatan ini adalah penghubung antara Desa Ujung Gagak dengan Desa Kleces. jembatan itu merupakan jembatan terapung pertama di Indonesia. Tempat ini menjadi salah satu spot foto favorit wisatawan jika berkunjung ke Kampung Laut.

Fasilitas Kampung Laut

Fasilitas di wisata kampung laut ini sangat lengkap dan dapat memenuhi segala kebutuhan wisatawan. di sini tersedia area parkir, toilet dan kamar mandi, perahu wisata, warung kuliner. Bagi yang ingin bermalam tersedia pula penginapan dan camping ground.

Alamat Kampung Laut Nelayan

Obyek wisata Kampung Laut ini beralamat di Kecamatan Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah. Lokasinya sangat jauh dari pusat kota karena terletak di ujung barat dan berbatasan dengan provinsi Jawa Barat. Dari pusat kota Cilacap ke Kampung Laut berjarak sekitar 65 Km dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih dua jam.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 15

Berikan Rating