Beranda Tiket Wisata

Kebun Raya Cibodas Harga Tiket & Daya Tarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas : Rp15.500 - Rp25.500Jam Buka: Hari Biasa 08.00 – 16.00 | Akhir Pekan 07.00 – 16.00No. Telepon: 0263512233Alamat: Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Cipanas,, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43253

Kebun Raya Cibodas merupakan wisata edukasi yang mengusung tema dunia flora. Awalnya kawasan ini didirikan oleh seorang kurator Kebun Raya Bogor bernama Ellias Teijsmann. Kemudian resmi dibuka pada tanggal 11 April 1852. Meski usianya tak muda lagi, namun keindahan alamnya masih tetap terjaga hingga sekarang.

Berbagai tanaman langka dari seluruh dunia ada di Kebun Raya Cibodas. Mulai dari tanaman khas Indonesia, Jepang, Amerika, dan negara lainnya. Sampai sekarang jumlah koleksinya tercatat mencapai 5.831 tanaman. Semuanya tumbuh subur di lahan yang memiliki luas kurang lebih 80 hektare.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas

Tiket masuknya benar-benar sangat murah dan tak menguras isi dompet. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara dikenakan tarif yang sama. Baik hari biasa, akhir pekan, dan hari libur nasional.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas
Jenis Tiket Masuk Hari Biasa Akhir Pekan
Wisatawan Lokas / Mancanegara Rp15.500 Rp25.500

Baca: Kebun Raya Bogor Tiket & 5 Zona Taman

Jam Buka Kebun Raya Cibodas

Wisatawan bisa datang ke Kebun Raya Cibodas di hari apa pun. Namun waktu berkunjung hanya dibatasi dari pagi sampai sore hari saja.

Jam Buka
Senin – Jumat 08.00 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu & Hari Libur Nasional 07.00 – 16.00 WIB

Daya Tarik Wisata Kebun Raya Cibodas

Berlibur ke Kebun Raya Cibodas bersama keluarga memang pilihan yang terbaik. Selain sebagai sarana hiburan, banyak hal bisa dipelajari. Salah satunya mengenal dunia flora dan ekosistem alam liar. Berikut berbagai daya tarik wisatanya.

Tanaman Cantik Di Rumah Kaca

Sekumpulan tanaman kaktus di rumah kaca Kebun Raya Cibodas.
Rumah Kaca memiliki tiga koleksi tanaman yaitu Anggrek, Kaktus, dan Sukulen. Foto : Googlemap/Juwita Triana

Kebun Raya memiliki koleksi tanaman indoor dan outdoor. Keduanya tumbuh pada lokasi yang berbeda. Untuk tanaman outdoor terletak pada sebuah taman. Sementara yang bagian indoor ada di dalam rumah kaca.

Tumbuhan di rumah kaca sendiri kebanyakan didominasi oleh tanaman Anggrek. Jumlahnya sekarang sudah mencapai 262 jenis. Sementara sisanya ada 98 jenis Kaktus dan 71 jenis Sukulen. Jumlah tersebut akan terus bertambah mengingat Kebun Raya juga memiliki rumah kaca pembibitan.

Tujuan rumah kaca pembibitan sebagai media perkembangbiakan dari tanaman yang sudah ada. Sekaligus sebagai tempat pelestarian agar tanamannya tidak punah. Begitu proses ini berhasil, tanaman tersebut nantinya akan diletakkan di rumah kaca. Serta sebagian yang lain diperjualbelikan kepada pengunjung yang datang.

Baca: KEBUN RAYA Cibodas Tiket Masuk, Jam Buka & Aktivitas

Bunga Khas Jepang Di Taman Sakura

Pohon sakura di Taman Sakura Kebun Raya Cibodas.
Keindahan bunga sakura hanya ada setiap dua kali dalam setahun. Foto : Googlemap/Laurenita Meilani

Bagi pecinta budaya Jepang wajib mengunjungi Taman Sakura. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke negara aslinya. Cukup datang saja ke Kebun Raya Cibodas. Di sini terdapat sebuah taman yang memiliki 5 jenis tanaman Sakura.

Kelimanya adalah Prunus Cerasoides, Yamasakura, lannesiana, Yedoensis, dan Sp. Waktu mekar bunganya hanya terjadi dua kali dalam setahun. Pertama di awal tahun sekitar Bulan Januari sampai Februari. Dan yang kedua saat pertengahan tahun dari awal Bulan Juni hingga Agustus akhir.

Sayangnya bunga sakura hanya mampu mekar selama 4 hari saja. Lebih dari itu pohonnya tidak akan mengeluarkan kuncup bunga lagi. Dan pengunjung harus menunggu sampai tahun berikutnya. Tapi tenang saja, wisatawan masih bisa melihat keindahan lainnya berupa air terjun bertingkat.

Baca: TAMAN SAFARI Cisarua Tiket & Atraksi

Taman Rhododendron

Taman Rhododendron adalah kawasan khusus untuk tanaman Azalea. Tingginya tidak lebih dari 1 meter dan bentuknya menyerupai semak belukar. Sebenarnya tanaman Azalea ini ada banyak jenisnya. Namun yang ada di Kebun Raya baru tiga jenis. Yaitu Rhododendron Javanicum, Mucronatum, dan Macgregoriae

Tanaman ini memiliki hiasan bunga warna-warni di bagian atasnya. Ada yang kuning, merah muda, dan oranye. Sepanjang jalan setapak berbatuan wisatawan dapat melihat bunganya bermekaran di setiap sudut. Namun yang paling banyak mendominasi adalah bunga Azalea merah muda.

Baca: MANDALAWANGI Cibodas Tiket & Aktivitas

Belajar Dunia Medis Di Taman Obat

Selain menyuguhkan tanaman langka yang biasa digunakan untuk hiasan ruangan. Kebun Raya juga mempunyai sejumlah tanaman obat. Salah satunya ada tanaman untuk meningkatkan daya ingat bernama urb atau pegagan. Sebenarnya masih ada banyak, namun untuk sekarang jumlah koleksinya baru sekitar 164 jenis.

Semua tanaman itu tumbuh sempurna di taman obat. Kawasan ini sudah dibuka untuk umum sejak tahun 2006. Perkiraan luas lahannya kurang lebih mencapai 1.500 meter persegi. Di sekitar taman terdapat gazebo yang bisa digunakan bersantai sambil menikmati alam hijau.

Baca: KEBUN RAYA KUNINGAN Tiket & Daya Tarik Wisata

Keindahan Taman Lumut yang Eksotis

Tumbuhan lumut di Kebun Raya Cibodas.jpg
Taman unik yang banyak ditumbuhi tanaman lumut khas Indonesia. Foto : Googlemap/Aspire

Jika biasanya taman berhiaskan aneka bunga yang memesona. Namun hal berbeda justru ditunjukkan oleh taman di Kebun Raya Cibodas. Di sini ada sebuah taman yang memiliki tanaman lumut super besar. Yang mana hampir menutupi seluruh area tanah perbukitannya.

Spot taman lumut ini sudah cukup lama, proses pembangunannya dimulai pada tahun 2004. Dan peresmiannya sendiri terjadi pada tanggal 11 April 2006. Bertepatan dengan hari ulang tahun Kebun Raya ke 154. Luas lahannya sama seperti taman obat, yaitu 1.500 meter persegi.

Baca: Kebun Raya Bali Tiket & Koleksi Unik

Mencium Keharuman Bunga Kadsura Di Taman Liana

Taman liana merupakan salah satu taman tematik yang ada di Kebun Raya. Satu hal menarik dari kawasan ini adalah adanya kolam buatan di sekitar taman. Di bagian tepinya banyak tumbuh tanaman Liana. Bentuk batangnya memanjang dan menggantung pada sebuah pagar besi berwarna hitam.

Tanaman Liana memang suka merambat ke benda atau tanaman di sampingnya. Tujuannya tidak lain untuk mencari cahaya sinar matahari agar bisa tumbuh dan berbunga. Sementara bagian akarnya masih tetap berada di dalam tanah.

Bentuk bunga liana sangat kecil dan posisinya saling bergerombol. Satu tangkainya bisa tumbuh 3-10 bunga. Warnanya ada putih, merah, ungu, dan oranye. Salah satu jenis tanaman liana yang kerap digunakan sebagai obat tradisional adalah Kadsura.

Baca: Kebun Raya Baturraden Tiket & Aktivitas

Fasilitas

Untuk menambah kenyamanan wisatawan tersedia berbagai fasilitas yang memadai. Mulai dari parkir, toilet, musala, tempat makan, gazebo, hingga taman bermain anak-anak. Kalau lelah berjalan jauh wisatawan bisa menyewa beberapa transportasi dengan harga yang bervariasi.

Lokasi Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya berlokasi di Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya. Tepatnya di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 2 jam kalau dari Jakarta ke arah Puncak Bogor.

Tanggapan:

4.9 / 5. dari 37

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini