Beranda Tiket Wisata

Pantai Tambakrejo Blitar Tiket & Daya Tarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Tambak Rejo : Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Krajan, Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, 66173

Berwisata ke Blitar, jangan hanya mengunjungi wisata di daerah kota saja. Cobalah ke selatan Blitar menuju Pantai Tambakrejo. Pantai ini memang masih kalah kunjungan wisatawan dibanding pantai yang lain. Namun, pesona pantai ini tak boleh diragukan lagi, karena keindahannya mampu melawan keindahan pantai lainnya.

Pantai Tambakrejo masih sepi dan terbilang asri, sehingga nyaman jika ingin mencari suasana tenang. Fasilitas objek wisata ini sudah cukup baik, bahkan banyak warung makan berjejer di tepi pantai. Pemandangan laut biru, pasir putih, dan hijaunya pepohonan akan menemani wisatawan. Ditambah dengan sajian khas kuliner laut akan memberikan kepuasan tersendiri saat menikmatinya.

Harga Tiket Masuk Pantai Tambakrejo Blitar

Untuk menikmati objek wisata ini, harga tiket masuk sangat terjangkau. Tiket masuk untuk semua usia sama, baik anak-anak maupun dewasa. Dan harga tiket di hari biasa maupun hari libur pun tetap sama.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Rp7.000
Wahana Perahu atau Flying Fox / orang Rp10.000

Baca: KAMPUNG COKLAT Blitar Tiket & Aktivitas

Jam Buka Pantai Tambakrejo Blitar

Objek wisata ini tidak menetapkan jam operasional khusus. Wisatawan dapat datang kapan saja. Namun umumnya, wisatawan berkunjung dari pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Keindahan Pantai Tambakrejo Berombak Besarnya

Kawasan Batu Karang di Pantai Tambakrejo
Kawasan Batu Karang di Pantai Tambakrejo. Foto: Gmap/Herry Herry

Salah satu cara untuk menikmati objek wisata ini adalah dengan duduk bersantai di area teduh tepi pantai. Dari kawasan ini, wisatawan dapat menyaksikan indahnya pemandangan laut. Garis pantainya yang panjang memungkinkan wisatawan untuk mencari tempat yang tenang dan sedikit wisatawan. Air laut yang biru menjadi pemandangan yang mendominasi objek wisata.

Ombak datang bergulung-gulung, karena memang pantai ini terkenal dengan ombaknya yang besar. Di salah satu sudut terdapat tetrapod, batu-batu yang berguna sebagai pemecah ombak. Selain tetrapod, ada juga batuan karang yang tinggi di salah satu sudut pantai. Ombak yang mengenai batu-batu tersebut langsung berpencar menghasilkan pemandangan memukau.

Kawasan tepi pantainya memiliki pasir putih yang halus, tak banyak karang di tepiannya. Wisatawan dapat berjalan santai menyusuri pantai tanpa alas kaki. Tak jauh dari bibir pantai, banyak pohon cemara tumbuh berjejer rapi. Dimana wisatawan dapat bersantai di bawahnya sambil berteduh menikmati belaian sepoi angin.

Baca: BLITAR PARK Tiket Terjangkau Belasan Wahana Seru

Jelajah Laut dengan Speed Boat dan Perahu Kayu

Wisata Laut dengan Perahu
Wisata Laut dengan Perahu. Foto: Gmap/Jendra Dayuningrat

Wisatawan tidak diperkenankan untuk berenang di pantai ini, karena ombaknya yang besar. Bahkan pernah ada kejadian wisatawan yang berenang terseret derasnya ombak. Namun tak perlu khawatir bagi yang tetap ingin menjelajah kawasan laut. Karena di sini terdapat speed boat dan perahu kayu yang siap membawa berkeliling lautan.

Wisatawan dapat berkeliling lautan dengan cepat menaiki speed boat. Bahkan sambil menerjang ombak untuk memacu adrenalin. Jika belum berani, maka akan mendapat pendamping instruktur yang sudah handal mengendarai speed boat. Meskipun begitu harus tetap mewaspadai ombak yang berlari di tepi pantai, karena cukup besar.

Jika ingin lebih santai menjelajah laut, wisatawan dapat memilih menumpangi perahu. Terdapat penyewaan perahu dengan biaya per orang yang cukup terjangkau. Dengan perahu ini, wisatawan bisa berkeliling ke lautan. Tentunya di rute yang lebih aman dan tenang.

Baca: PANTAI SERANG Blitar Tiket & Pesona

Menyaksikan Upacara Adat Larung Laut

Jika ingin merasakan budaya masyarakat sekitar, tepat jika datang ke Pantai Tambakrejo. Setiap tanggal 1 Muharram atau 1 Syuro, terdapat satu upacara adat yang dilakukan masyarakat. Upacara ini merupakan upacara Larung Sesaji ke lautan. Tujuan upacara untuk mensyukuri nikmat Tuhan atas segara rezeki, terutama dari laut.

Selain itu, juga sebagai doa untuk memohon perlindungan dari segala bencana. Dalam upacara ini, masyarakat akan mempersiapkan sesaji berupa beraneka macam makanan. Kebanyakan juga hasil bumi, buah, serta sayuran, menjadi hiasan dan dibuat gunungan. Masyarakat juga membuat tumpeng nasi berukuran besar, yang diletakkan di atas nampan besar.

Kemudian, masyarakat akan membawa sesaji-sesaji tersebut ke lautan. Dengan menaiki perahu, masyarakat setempat berbondong-bondong membawa sesaji ke laut. Lengkap dengan pakaian adat setempat. Kemudian, sesaji tersebut akan dilarung ke lautan.

Baca: PANTAI PANGI Blitar Tiket & Aktivitas

Bersantai di bawah Pohon Cemara

Bersantai di Tepi Pantai
Bersantai di Tepi Pantai. Foto: Gmap/Indra Pratama

Berteduh di bawah pohon cemara di tepi pantai sungguh menyenangkan. Wisatawan dapat berlama-lama bersantai sambil menikmati pemandangan. Apalagi, angin sepoi-sepoi pantai turut memberikan kenyamanan.

Wisatawan bisa membawa bean bag untuk bersantai. Merebahkan diri sembari menikmati pemandangan. Atau bisa juga sambil membaca buku di tepi pantai.

Wisatawan juga bisa membawa alas lainnya, seperti tikar, atau kain pantai. Jika membawa alas seperti ini, tentu sensasinya berbeda. Dimana dengan alas, tentu tekstur dari pasir akan sangat terasa. Lembut bergelombang dan tentunya hangat karena sinaran cahaya matahari.

Baca: Negeri Dongeng Blitar Tiket & Wahana

Menikmati Kuliner di Tepi Pantai

Menyantap Kuliner di Tepi Pantai
Menyantap Kuliner di Tepi Pantai. Foto: Gmap/Lare Sinau

Bersantai tentu akan nikmat sambil menyantap kuliner lezat. Di tepian pantai, terdapat jajaran warung makan dengan menu utama hidangan laut. Wisatawan dapat memilih berbagai hidangan laut dan masakan sedapnya. Ikan tongkol dan tuna asap bakar, menjadi menu yang patut dicoba di sini.

Jangan lupa untuk meminta tambahan sambal, karena pedasnya bikin nagih. Apalagi per porsi ikan bakar sangatlah terjangkau.

Nikmatnya kuliner tentu akan lebih nikmat jika ditemani dengan minuman dingin. Es kelapa muda siap melegakan dahaga dan menemani santap kuliner ikan ini. Minuman lainnya pun tersedia, mulai dari es teh, es jeruk, serta minuman instan lainnya.

Lokasi Pantai Tambakrejo Blitar

Untuk mencapai objek wisata ini, wisatawan harus melewati jalanan yang cukup jauh dari pusat Kota Blitar. Namun tenang saja, karena akses jalan sudah beraspal meskipun kecil dan berkelak-kelok. Tepatnya berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 21

Berikan Rating