Beranda Tiket Wisata

WADUK JATIBARANG Tiket & Daya Tarik - Juni 2021

Waduk Jatibarang Harga Tiket: Rp3.000 Jam Buka: 05.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Moch Ihsan, Jatibarang, Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50222.

Waduk Jatibarang merupakan danau buatan yang terletak di Kota Semarang. Pembangunan waduk secara khusus berfungsi sebagai solusi banjir di kota lumpia itu. Seiring berjalannya waktu, Jatibarang juga berfungsi sebagai destinasi wisata. Secara resmi, Waduk Jatibarang terbuka sebagai area wisata sejak tahun 2015.

Waduk seluas 189 hektare ini memiliki berbagai daya tarik. Sementara lokasinya tepat membelakangi Gunung Ungaran yang menawan. Di tengah waduk, terdapat pulau tempat Goa Kreo berada. Dengan biaya terjangkau, wisata ke Waduk Jatibarang bisa jadi pengalaman tak terlupakan.

Tiket Masuk Waduk Jatibarang

Wisatawan tidak perlu membayar mahal untuk berkunjung ke Waduk Jatibarang. Danau buatan ini merupakan tempat wisata yang pengelolaannya oleh pemerintah. Tiket masuk dan tiket wahana lainnya pun sangat terjangkau. Waduk Jatibarang cocok sebagai destinasi wisata akhir pekan yang murah-meriah.

Tiket Masuk
Harga Tiket Masuk per orangRp3.000
Tiket ParkirRp1.000
Goa KreoRp6.500 (hari biasa)
Rp8.000 (weekend)
SpeedboatRp60.000 – Rp100.000 (max. 4 orang)

Baca: 40 Destinasi Wisata Terbaik di Semarang

Jam Buka

Wisatawan dapat berkunjung ke Waduk Jatibarang setiap hari. Waduk ini buka untuk umum sejak pagi hingga sore hari. Pengunjung juga bisa menyaksikan sunrise atau sunset dari kawasan sekitar waduk.

Jam Operasional
Setiap Hari05.00 – 18.00 WIB

Rekreasi di Waduk Jatibarang

panorama Waduk Jatibarang dan Gunung Ungaran
Waduk Jatibarang tidak hanya berfungsi sebagai reservoir air penduduk Kota Semarang, tetapi juga tempat wisata lokal – Foto: Google Maps / Agus Kurniadi

Selama jalan-jalan ke Kota Semarang, jangan lupa eksplorasi ke daerah sekitarnya. Karena pariwisata di Semarang tidak terbatas pada keramaian pusat kotanya. Tak jauh dari kota, terdapat kawasan wisata unik yaitu berupa waduk cantik. Waduk Jatibarang namanya, sebuah danau luas lengkap dengan bendungan.

Letaknya juga tidak terlalu jauh dari kota sehingga cocok sebagai tempat berakhir pekan. Waduk ini menawarkan pemandangan alam yang cantik serta beragam aktivitas rekreasi sederhana. Meski sederhana, namun tetap menyenangkan dan bisa untuk semua kalangan. Tidak heran jika Waduk Jatibarang jadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Jawa Tengah.

Baca: Umbul Sidomukti: Tiket & Ragam Aktivitas

Solusi Banjir

pemandangan matahari terbenam di Waduk Jatibarang
Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Pengunjung bisa memancing, berperahu, atau sekadar piknik menikmati sunset – Foto: Google Maps / feri febriyanto

Pembangunan waduk sejak awal khususnya sebagai solusi masalah banjir. Karena Kota Semarang sempat terjadi banjir besar. Untuk itu Waduk Jatibarang dibuat untuk menampung dan mengendalikan air. Sekarang, waduk ini juga jadi salah satu destinasi wisata menarik bagi wisatawan Semarang.

Saat ini area sekitar waduk sudah dipercantik dengan keberadaan Taman Waduk Jatibarang. Taman ini sudah lengkap dengan tempat pertunjukan terbuka serta tribun penonton. Ada juga gardu pandang setinggi 12 meter. Kawasan taman juga terdapat dekorasi dengan daur ulang ban bekas yang kreatif.

Wisatawan bisa menikmati beragam aktivitas menarik di kawasan waduk ini. Beberapa di antaranya yaitu memancing, berperahu, serta wisata selfie kekinian. Tidak hanya di dalam kawasan waduk, berbagai spot wisata pun juga ada di sekitarnya. Waduk Jatibarang pun jadi memiliki fungsi ganda, yakni sebagai reservoir air serta objek wisata.

Baca: SALOKA PARK: Tiket & 7 Wahana Terseru

Kegiatan Rekreasi

area rekreasi memancing di Waduk Jatibarang
Waduk Jatibarang bisa jadi destinasi wisata singkat di akhir pekan – Foto: Google Maps / Wihandono Yogo

Pengunjung memiliki banyak opsi dan alternatif kegiatan rekreasi di sini. Salah satu diantaranya yang paling populer ialah berperahu. Selain itu ada lebih dari dua puluh speedboat untuk berkeliling danau. Sedangkan biayanya pun cukup terjangkau, pengunjung bisa menikmati keindahan danau dari atas perahu berkecepatan tinggi.

Kegiatan lainnya yang juga tersedia ialah memancing. Di waduk ini, dikembang-biakkan beberapa jenis ikan. Pengunjung bisa menangkap gabus, lele, hingga patin dan kakap. Langsung saja memilih spot yang nyaman serta jangan lupa membawa peralatan memancing sendiri.

Baca: Taman Wisata KOPENG Tiket & Aktivitas

Goa Kreo

Patung kera di kawasan wisata Gua Kreo
Salah satu tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi di kawasan Waduk ialah Gua Kreo – Foto: Google Maps / saegaleri

Sementara itu tepat di tengah waduk, terdapat pemandangan yang cukup menarik perhatian. Sebuah pulau kecil terhubung dengan tepian waduk melalui sebuah jembatan yang panjang. Pulau ini merupakan habitat alami terutama spesies kera ekor panjang. Kera-kera ini tinggal di sekitar objek wisata Gua Kreo.

Gua Kreo adalah situs bersejarah yang tak pernah sepi pengunjung. Suasana alamnya masih asri dan sejuk. Wisatawan bisa belajar sejarah sekaligus menikmati keindahan alam di sini. Jangan lupa untuk memberi makan kera-kera agar tidak kena ‘rampok’, ya.

Baca: Kota Lama Semarang Wisata Era Kolonial

Aneka Spot Foto

Bukit Cinta Jamalsari di tepi Waduk
Di sekitar waduk, terdapat sejumlah spot foto yang dikelola oleh warga setempat. Salah satunya adalah Bukit Cinta di Desa Jamalsari ini – Foto: Google Maps / Daniel Rahardjo

Pemandangan cantik yang tersaji di sekitar waduk jadi lahan subur untuk keberadaan objek wisata lainnya. Terdapat sejumlah taman swafoto kekinian yang tak kalah menarik di sekitar waduk. Beberapa diantaranya sebut saja Bukit Cinta Jamalsari yang berada di desa dengan nama yang sama. Kawasan ini menawarkan pemandangan alam yang dipadukan dengan dekorasi kreatif dari bahan daur ulang.

Destinasi wisata selfie lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Spot Foto Salju. Spot foto ini menawarkan suasana a la musim dingin yang unik. Objek wisata yang terletak di Desa Kandri ini selalu ramai antrian wisatawan. Jika ingin menghindari antrian, pastikan untuk booking terlebih dahulu ke nomor 0818-0583-7000 ya!

Baca: AYANAZ GEDONGSONGO: Tiket & Spot Selfie

Fasilitas Waduk Jatibarang

Fasilitas penunjang yang terdapat di Waduk Jatibarang sudah lengkap dan memadai. Terdapat area parkir, toilet, serta mushola sebagai tempat ibadah muslim. Waduk ini juga memiliki taman dengan gardu pandang dan panggung pertunjukan terbuka. Tersedia juga penyewaan beberapa jenis perahu untuk rekreasi.

Akses & Alamat Waduk Jatibarang

Waduk Jatibarang terletak di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Tamannya sendiri berada di Jalan Talun Kacang VIII. Lokasi objek wisata ini berjarak sekitar 16 kilometer dari pusat Kota Semarang. Pengunjung cukup menempuh kurang lebih setengah jam perjalanan menuju kemari.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung juga bisa menaiki kendaraan umum. Sekarang, sudah tersedia Bus Rapid Transit (BRT) koridor VIII menuju Gua Kreo. BRT ini berangkat langsung dari Terminal Cangkiran, Kota Semarang.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini