TELUK LOVE Jember Tiket & Aktivitas Mei 2024

  • Harga Tiket Masuk Teluk Love: Rp7.500
  • Jam Buka: 05.00 - 19.00
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jl. Ambulu - Watu Ulo, Sido Mulyo, Sumberrejo, Ambulu, Jember, Jawa Timur, Indonesia, 68162

Mampir ke garis pantai Jember, tak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Pantai Payangan. Pasalnya di pantai ini terdapat satu spot foto yang cukup terkenal yaitu Teluk Love. Lengkungan garis pantai di sini memang membentuk seperti lambing hati, jika dilihat dari dataran yang lebih tinggi.

Pengunjung tidak akan menyesal mendatangi Pantai Payangan. Karena pantai ini berdekatan dengan pantai-pantai cantik lainnya seperti Pantai Papuma dan Pantai Watu Ulo. Dengan demikian, pengunjung bisa mengunjungi pantai-pantai tersebut dalam waktu yang berdekatan.

Harga Tiket Masuk Teluk Love

Untuk bisa mendaki bukit dan melihat Teluk Love, hanya dikenakan biaya beberapa ribu saja. Jika membawa kendaraan pribadi, maka pengunjung juga harus mmepersiapkan biaya tambahan untuk parkir.

Harga Tiket Masuk Teluk Love
Tiket masukRp7.500

Baca: PANTAI PAYANGAN Jember Tiket & Pesona Bukit Karang Eksotis

Jam Buka

Teluk Love bisa dikunjungi dari pagi hingga sore hari. Di siang hari, suasananya cukup panas, apalagi pasir hitamnya yang menyelimuti di bibir pantai ini. Setiap harinya ada puluhan hingga ratusan wisatawan yang berkunjung dari berbagai kota di Jawa Timur.

Jam Buka
Setiap Hari05.00 – 19.00

Daya Tarik Wisata Teluk Love Jember

Pemandangan Teluk Love Jember, dari Atas Bukit. Foto: Google Maps / Indra Susandi
Pemandangan Teluk Love Jember, dari Atas Bukit. Foto: Google Maps / Indra Susandi

Begitu sampai di lokasi, pengunjung akan disambut oleh gerbang bertuliskan ‘Selamat Datang’ yang terbuat dari bambu. Desa Payangan sendiri termasuk dalam desa nelayan. Oleh karena itu, pengunjung akan mendapati kapal nelayan yang sedang berlayar di perairan sekitar pantai, atau sedang bersandar.

Baca: 5 Tempat Wisata Pilihan di Jember

Trekking ke Atas Bukit

jalan setapak menuju bukit teluk love
Jalan Setapak Cantik Menuju Puncak Bukit di Teluk Love Jember. Foto: Google Maps / Roona Windy

Ada beberapa bukit di sekitar Pantai Payangan. Diantaranya adalah Pantai Seruni, Samboja dan Suroyo. Untuk bisa melihat pemandangan Teluk Love, pengunjung harus mendaki Bukit Suroyo atau Sroyo yang berada di sisi timur pantai. Bukit ini juga disebut sebagai Bukit Domba karena penduduk sekitar sering melepas domba mereka untuk mencari rumput disini. Perjalanan untuk mencapai puncak bukit berkisar 15 hingga 25 menit.

Sepanjang perjalanan menuju puncak bukit, pengunjung akan disuguhi pemadangan hijaunya tanaman-tanaman liar yang memenuhi sisi bukit. Sedangkan di sisi lainnya, pengunjung bisa menikmati birunya laut selatan Jawa.

Baca: Taman Nasional Meru Betiri Tiket & Zona Wisata

Pengunjung tidak perlu khawatir akan kondisi jalan setapak yang akan ditempuh. Karena kondisinya tidak selalu curam, beberapa titik juga ada yang landai. Tangganya juga sudah disemen dan dilengkapi pegangan sehingga memudahkan pengunjung. Supaya kaki tidak mudah lelah, sebaiknya pengunjung juga memakai alas kaki yang memadai.

Spot Foto Teluk Love

area berfoto berlatar teluk berbentuk lambang hati
Spot Foto Gembok Cinta di Teluk Love Jember. Foto: Google Maps / Baruna Rachmat

Kegiatan wajib yang dilakukan ole pengunjung jika datang ke Pantai Payangan adalah mengambil foto Teluk Love. Pengelola telah menyediakan spot foto khusus di pinggir tebing yang dibatasi pagar bambu.

Baca: Taman Botani Sukorambi Tiket & Wahana

Nuansa romantis cukup kentara di tempat ini. Apalagi banyaknya muda-mudi yang berkunjung, memanfatakan tempat ini untuk mengabadikan momen-momen spesial mereka disini. Spot ini pun menjadi langganan spot foto prewedding. Di saat musim liburan, pengunjung perlu antri untuk mengambil foto disini.

Pengelola juga telah menyediakan beberapa spot foto tambahan yang menarik perhatian wisatawan. Diantaranya adalah spot foto gembok cinta dan tulisan ‘We Love NKRI’ di atas Bukit Domba. Sedangkan di bibir pantai, terdapat satu spot foto berbentuk seperti pintu gerbang yang diselimuti bunga-bunga.

Bermain di Pantai Pasir Hitam

bermain di pantai pasir hitam
Pengunjung Bermain Pasir Hitam di Pantai Payangan. Foto: Google Maps / Adhelena Belinda

Tak hanya mengambil foto dari ketinggian, pengunjung juga bisa bermain air di bibir pantai. Pantai ini memiliki pasir putih yang eksotis. Pengunjung diharapkan tetap hati-hati dan tidak berenang terlalu ke tengah karena ombaknya cukup besar.

Selain itu pengunjung juga bisa berkeliling pantai sambil mengendarai kuda. Pengunjung hanya dikenai biaya sebesar Rp20.000 untuk bisa menikmati fasilitas ini.

Baca: Dira Park Jember Tiket & Wahana

Matahari Terbenam dari Atas Bukit

sinar matahari kuning keemasan saat sunset di teluk love
Matahari Terbenam di Teluk Cinta Jember. Foto: Google Maps / Barracudax

Tak lengkap rasanya jika tidak menikmati pemandangan matahari terbit atau matahari terbenam di Pantai Payangan. Tepatnya di puncak Bukit Suroyo, pengunjung bisa mendapat pemandangan dengan view yang lebih luas. Untuk bisa mendapat matahari terbit, pengunjung bisa datang selepas shubuh. Hingga pukul sepuluh pagi, pengunjung bisa berburu foto golden hour di pantai ini.

Baca: Taman Super Galaxy Jember Tiket & Daya Tarik

Fasilitas

Fasilitas umum seperti area parkir dekat pantai, toilet dan musholla telah tersedia di pantai ini. Pengunjung juga bisa berteduh sembari menikmati perbekalan di gazebo yang tersedia. Jika tak membawa makanan, pegunjung bisa membelinya di warung-warung yang didirikan masyarakat setempat. Menu makanan seafood menjadi andalan, mengingat Pantai Payangan adalah desa nelayan.

Rute & Lokasi Teluk Love

Pengunjung bisa menuju Pantai Payangan dengan melalui Jalan Nasional III Jember – Lumajang. Setelah sampai di perempatan Pasar Mangli, ambil ke arah selatan yaitu ke Jalan Otto Iskandar Dinatta sejauh 30 km. Kemudian pengunjung akan menemui penunjuk jalan untuk diikuti menuju ke Pantai Payangan.

Objek wisata ini tepatnya ada di Pantai Payangan, terletak di Dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jarak tempuh dari pusat kota Jember sekitar 40 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Berikan Rating

5 - 6 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *