Beranda Tempat Wisata

49 Destinasi Wisata di MALANG Paling Memikat 2021

Pegunungan hingga pantai, tempat bersejarah hingga spot wisata hits. Itulah ragam pilihan tempat wisata di Malang yang tersedia pada saat berkunjung ke kota Apel. Terkenal karena komoditas apel hijaunya, Malang menawarkan pariwisata bagi semua kalangan. Suasana modern atau pedesaan alami bisa ditemui di sini.

Berikut adalah referensi 49 tempat wisata wisata di Malang dan sekitarnya.

1. Lembah Indah

Tenda-tenda unik Lembah Indah Malang
Bermalam di tenda glamping Lembah Indah yang unik dan instagrammable – Foto: Google Maps/Ikhwan Jauhari

Malang terkenal memiliki bentang alam yang masih asri dan sejuk. Hal ini terlihat pada salah satu destinasi wisata rekreasi sekaligus edukasi botani yaitu Lembah Indah. Lembah Indah menyajikan hamparan perkebunan di lembah pegunungan. Mengusung konsep resor edukasi, tempat ini juga cocok sebagai tujuan liburan keluarga.

Lembah Indah terletak di daerah Gendogo, Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Malang. Biaya tiket masuknya sebesar 20 ribu rupiah per orang. Kisaran biaya akomodasi menginap mulai dari 500 ribu untuk glamping dan 1 jutaan untuk villa. 

Daya tarik utamanya adalah wisata edukasi kegiatan berkebun. Wisatawan bisa bercocok tanam, mengenal berbagai jenis tanaman, dan aktivitas berkebun lainnya. Keunikan Lembah Indah berada pada akomodasi penginapan yang berupa glamping di tenda berbentuk unik. Tenda-tenda instagrammable ini berpagar panorama lembah pegunungan yang menawan.

Baca: Tempat Wisata di Semarang: 39 Rekomendasi Lengkap

2. Hawai Waterpark

Hawai Waterpark tempat wisata di Malang dengan berbagai seluncur unik
Memacu adrenalin sambil menyegarkan tubuh di Hawai Waterpark – Foto: Google Maps/ningida

Nikmati keseruan bermain air di Hawai Waterpark Malang. Tempat wisata di Malang yang bertemakan permainan air ini mengusung konsep kepulauan di Samudera Pasifik, Hawaii. “The Wildest Water Park” ini menyajikan suasana tropis yang ceria. Bermacam-macam kolam renang, kolam permainan, serta wahana seluncur siap menghibur. 

Hawai Waterpark dapat dikunjungi di Perumahan Graha Kencana Raya, Jalan Raya Karanglo, Banjararum Singosari, Malang. Tiket masuknya mulai dari 50 ribu rupiah untuk hari biasa dan 75 ribu rupiah untuk akhir pekan atau musim liburan. Dengan biaya tersebut, pengunjung bisa mencicipi serunya berbagai wahana seru.

Berbagai wahana air seru tak boleh terlewat. Salah satunya Ekolu Slide adalah seluncuran dengan sudut kemiringan ekstrem 90 derajat. Selanjutnya ada Open Spiral Slide akan membawa pengunjung meluncur di jalur terowongan sepanjang 115 meter. Kemudian Hula-Hula Slide yang seru dimainkan berdua dengan ban pelampung. Wahana lainnya yaitu Waikiki Beach (kolam ombak), Waimea Stream River (kolam arus), dan Hawai Water House yang cocok untuk anak-anak.

Baca: Tempat Wisata Di Bandung: 49 Destinasi Terlengkap 2021

3. Malang Night Paradise

Pertunjukan air mancur
Menyaksikan pertunjukan air mancur yang dipadukan dengan teknologi cahaya di Malang Night Paradise – Foto: Google Maps/JUNAEDI LAUDIANTO

Sejak pembukaannya tahun 2017, Malang Night Paradise jadi salah satu magnet wisatawan yang datang ke Kota Malang. Tempat ini menyajikan keindahan lampion sebagai daya tarik utamanya. Suasananya hampir mirip dengan Taman Pelangi di Monjali, Yogyakarta. Hanya saja, taman ini memiliki wahana wisata lainnya yang tak kalah menarik di malam hari.

Malang Night Paradise berada di kawasan yang sama dengan Hawai Water Park. Tepatnya, di Jalan Graha Kencana Raya No, 66 Kota Malang. Tiket masuk reguler seharga 35 ribu hingga 45 ribu rupiah. Terdapat tiket terpisah maupun tiket terusan untuk wahana wisata lain dengan tarif mulai dari 20 ribu hingga 105 ribu rupiah.

Terdapat sejumlah area yang sangat cantik di di Malang Night Paradise. Beberapa di antaranya adalah Taman Lampion, Taman Dinosaurus, dan Magic Journey. Salah satu yang wajib adalah Dancing Water Fountain. Pengunjung dapat melihat indahnya pertunjukan air mancur yang berkolaborasi dengan teknologi cahaya serta musik.

Baca: TEMPAT WISATA DI JOGJA: 49 Destinasi Anti-Mainstream

4. Taman Selecta

"<yoastmark

Tempat wisata di Malang selanjutnya yaitu Taman Selecta yang merupakan taman bunga sekaligus taman hiburan. Taman bunga ini sudah ada sejak tahun 1928 dan hanya untuk orang Belanda pada masanya. Tahun 1950, taman ini mengalami pengembangan dan terbuka untuk khalayak umum.

Lokasi Taman Selecta berada di Jalan Raya Selecta No. 1, Tulungrejo, Bumiaji, Batu. Tiket masuknya seharga 40 ribu rupiah. Sementara tiket wahana berlaku secara terpisah dengan harga mulai dari 10 ribu rupiah. 

Temperatur udara yang sejuk membuat taman ini lokasi yang pas untuk pertumbuhan berbagai jenis bunga. Bunga Krisan, Ajisai, dan berbagai jenis bunga lainnya tumbuh subur di taman seluas 18 hektare. Dikelilingi hamparan bunga, pengunjung dapat menikmati aneka wahana permainan seru. Salah satu favorit adalah Sky Bike, wahana kayuh yang berjalan di rel di atas taman-taman bunga.

Baca: TEMPAT WISATA DI LEMBANG: 20 Destinasi Terbaik

5. Batu Night Spectacular (BNS)

Meriahnya dekorasi lampu BNS
Menikmati dekorasi lampu dan lampion yang meriah di BNS – Foto: Google Maps/Candra Winahyu

Wisata malam lainnya yang tak kalah menarik bisa dikunjungi di Batu Night Spectacular (BNS). Seperti Malang Night Paradise, taman hiburan ini berselimut gemerlap lampion yang cantik. Aneka wahana rekreasi seru tersedia untuk berbagai kalangan usia juga tersedia di sini.

BNS terletak di Jalan Hayam Wuruk No. 1, Oro-Oro Ombo, Kota Batu. Tempat wisata di Malang ini menawarkan dua jenis tiket masuk. Tiket reguler seharga 25 ribu rupiah sudah termasuk Trick Art Gallery dan Maze of Horror. Sementara tiket terusan seharga 80 ribu rupiah meliputi semua wahana kecuali Gokart dan arena ketangkasan.

Taman hiburan yang buka sejak sore hingga malam hari ini menyuguhkan pertunjukan laser spektakuler. Pertunjukan ini merupakan daya tarik utama di samping Lampion Gardennya. Ada juga permainan menantang seperti Gokart, Rumah Kaca, dan Sepeda Udara. Wahana yang bervariasi sangat cocok sebagai destinasi liburan terbaik bersama keluarga tercinta.

6. Wisata Paralayang Batu

Wisata Paralayang tempat wisata di Malang dengan area pegunungan
Menikmati panorama Kota Batu dari wahana paralayang – Foto: Google Maps/Martha A. Wilujeng

Bagi yang ingin mencoba paralayang, Kota Batu bisa jadi alternatif pilihan. Kota di ketinggian ini menawarkan wisata paralayang dengan landasan di bukit. Dari bukit ini, wisatawan juga bisa menikmati indahnya panorama kota dan perbukitan di sekitarnya.

Langsung saja meluncur ke Jalan Arumdalu No. 20, Songgokerto, Kota Batu untuk mencoba olahraga menantang ini. Untuk memasuki area pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah. Sementara tarif paralayang dipatok 300 ribu rupiah per orangnya.

Pemandu berpengalaman akan menemani selama meluncur. Setelah puas merasakan sensasi terbang sejenak, pengunjung akan mendapat sertifikat. Kawasan wisata ini juga menawarkan akomodasi penginapan berupa rumah kayu di area hutan. Tarifnya mulai dari 350 ribu rupiah per malamnya.

7. Lembah Tumpang Resort

Lembah Tumpang Resort tempat wisata di Malang memiliki replika candi
Lembah Tumpang Resort menawarkan pengalaman menginap bak di masa kerajaan Indonesia pada masa lalu – Foto: Google Maps/sjy liem

Bagaimana rasanya tinggal di penginapan bernuansa kerajaan Hindu-Buddha? Lembah Tumpang Resort mungkin punya jawabannya. Resor yang berdiri di lahan seluas 20 Hektare ini akan mengajak wisatawan untuk merasakan suasana kerajaan. Bagaikan putra-putri raja, wisatawan dapat berkeliling taman yang berhiaskan candi hingga arca.

Resort berkonsep istimewa ini berada di Jalan Slamet Gg. Gumuk Agung, Glanggang, Slamet, Tumpang, Malang. Dengan tiket masuk sebesar 60 ribu rupiah, pengunjung bisa menikmati keindahan objek wisata ini. Sementara biaya menginap mulai dari 400 ribu rupiah per malamnya.

Daya tarik utama Lembah Tumpang Resort adalah replika candi berlantai empat. Candi berada di taman asri lengkap dengan sungai, air terjun, dan pepohonan yang teduh. Berbagai replika arca dan candi lainnya juga tersebar di kawasan wisata ini. Berada di sini mungkin akan sedikit mengingatkan pada suasana Bali dengan koleksi patungnya yang beragam.

8. Museum Angkut

Zona Hollywood Museum Angkut tempat wisata di Malang
Mengenal berbagai transportasi dari masa ke masa melalui koleksi Museum Angkut – Foto: Google Maps/winda yuniarti

Museum Angkut adalah salah satu destinasi wisata di Kota Batu yang sayang bila terlewat. Museum ini memamerkan berbagai jenis transportasi dari masa ke masa. Tidak hanya itu, setiap koleksi transportasi menempati ruangan dengan desain menarik. Sehingga, pengunjung mendapatkan suasana yang berbeda sekaligus menyenangkan untuk berfoto.

Museum Angkut terletak di Jalan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kota Batu. Pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar 60 ribu rupiah untuk menikmati koleksi museum ini. Tiket ini sudah termasuk Museum d’Topeng di dalamnya.

Terdapat lebih dari 300 koleksi moda transportasi yang terbagi dalam beberapa zona. Zona Uni Eropa adalah salah satu yang paling favorit karena memajang aneka kendaraan antik dari Inggris. Ada juga Zona Hollywood yang menyajikan replika berbagai kendaraan dari cerita fiksi seperti Batman dan Scooby Doo. 

9. Sumber Maron

Sumber Maron tempat wisata di Malang dengan aktivitas berenang di sungai alami
Pemandian sumber mata air alami pegunungan Sumber Maron – Foto: Google Maps/Harwindra Yoga Prasetya

Sumber Maron adalah referensi tempat wisata di Malang bertema alam yang cocok untuk melepaskan penat. Objek wisata ini menyuguhkan sungai dan air terjun alami sebagai pemandian dan kegiatan rekreasi lainnya. Airnya berasal dari sumber mata air alami yang bersih dan segar. Dengan suasana alam pedesaan yang asri, wisatawan akan betah untuk berlama-lama di sini.

Sumber Maron berada di Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pagelaran, Malang. Untuk menikmati kesegaran airnya, pengunjung cukup membayar tiket seharga 5 ribu rupiah. Meskipun murah fasilitas penunjang seperti mushola dan toilet umum sudah memadai. 

Daya tarik utama obyek wisata ini adalah Air terjun setinggi 6 meter yang mengalir di dinding batu. Pengunjung bisa berendam di bawah air terjun atau duduk-duduk di bagian atasnya. Selain berendam, ada wahana River Tubing yang tersedia untuk para penyuka kegiatan menantang. Wisatawan bisa menyusuri sungai perlahan dengan ban sewaan berteman pemandu yang menjamin keamanan aktivitas ini. 

10. Flora Wisata San Terra

Tempat wisata di Malang bertema desa ala negeri Belanda
Taman bunga dengan deretan replika bangunan a la Eropa di Flora Wisata San Terra de Laponte – Foto: Google Maps/Gerald Pohan

Dapatkan swafoto cantik dengan nuansa Eropa atau Asia Timur di Flora Wisata San Terra De Laponte, Malang. Objek wisata ini merupakan taman bunga dan kawasan wisata selfie kreatif. Tak kurang dari 700 jenis bunga jadi daya tarik utama taman ini. Sudut-sudut tamannya nyaman untuk bersantai atau selfie.

Tempat wisata di Malang yang satu ini terletak di Jalan Trunojoyo, Jurangrejo, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon. Jaraknya sekitar 25 km dari pusat kota atau 1 jam berkendara. Tarif tiket masuknya cukup terjangkau, 25 ribu di hari biasa dan 30 ribu di akhir pekan atau hari libur.

Area taman yang tak pernah sepi adalah deretan replika rumah yang akan mengingatkan pada suasana di Belanda. Fasad rumah aneka warna ceria berhadapan langsung dengan taman bunga yang cantik. Kemudian pengunjung juga bisa berfoto dengan hanbok di area yang tertata seperti perkotaan Korea Selatan. Untuk menghemat tenaga, pengunjung bisa berkeliling taman menggunakan jasa mobil golf. 

11. Cafe Sawah Pujon Kidul

tempat wisata di Malang dengan tema Kafe tengah sawah
Pemandangan hamparan sawah di kaki perbukitan yang mengelilingi akwasan kafe – Foto: Google Maps/Marthen Kadmaer

Suasana kafe biasanya identik dengan nuansa hangat yang modern. Namun di Cafe Sawah Pujon Kidul, pengunjung justru disambut oleh hamparan sawah. Ya, kafe bertema alam ini mengusung konsep pedesaan yang kental dan asri. Menu kuliner serta musik tradisional yang tersaji kian menambah pengalaman bersantai di desa.

Kafe ini berada dalam kawasan Desa Wisata Pujon Kidul. Untuk itu, pengunjung perlu membayar tiket masuk seharga 12.500 rupiah per orang. Harga menu mulai dari seribu rupiah saja. Aktivitas lainnya adalah kegiatan petik sayur organik dengan tarif 3 ribu rupiah per orang.

Pemandangan sawah dan perkebunan yang menghijau jadi hal yang menarik mata di sini. Kebanyakan area tempat duduk merupakan saung outdoor dengan hawa sejuk pegunungan. Sementara menunya pun sangat lokal, mulai dari tumis sayuran hingga jamu yang bisa menyehatkan tubuh. Jika mencari suasana nongkrong di kafe yang tidak biasa, Cafe Sawah Pujon Kidul bisa jadi pilihan tepat.

12. Wisata Petik Apel Kota Batu

Apel hijau Malang wisata petik apel
Mencoba memetik apel langsung di perkebunan – Foto: Google Maps/ady suwantika

Malang sangat populer berkat komoditas apel hijaunya. Pusat penghasil apel yang utama berada di Kota Batu yang terletak di dataran tinggi. Temperatur yang sejuk menjadikan kawasan ini cocok jadi tempat tumbuh tanaman apel. Melengkapi pariwisata Malang, kegiatan petik apel jadi referensi agrowisata yang menarik.

Agrowisata Kelompok Tani Makmur Abadi (KTMA) adalah salah satunya lokasinya. Dengan tiket masuk 25 ribu, pengunjung bisa mencoba aktivitas memetik apel di sini. Hasilnya bisa dibawa pulang dengan harga 20 ribu rupiah per kilogram. Pilihan lain yaitu Agro Rakyat yang memiliki tarif tiket masuk sama, namun patokan harga apel mulai dari 12 ribu per kilogramnya.

Ada lagi Kusuma Agrowisata yang menawarkan buah berkualitas premium. Selain apel, pengunjung juga bisa mencoba petik stroberi dan buah lainnya. Lokasi yang sudah lama populer adalah Wisata Petik Apel Mandiri. Apel yang sudah dipetik bisa dimakan sepuasnya di kebun atau dibawa pulang dengan harga 20 hingga 40 ribu rupiah.

13. Taman Langit Gunung Banyak

Salah satu sudut Taman Langit Gunung Banyak
Taman adem nan cantik yang dikelilingi pegunungan – Foto: Google Maps/Dama rismana

Seperti namanya, Taman Langit Gunung Banyak adalah taman indah yang sekitarnya merupakan pegunungan. Taman ini merupakan tempat wisata di Malang untuk penyuka selfie yang memiliki spot-spot foto cantik. Semakin indah karena spot foto berada di area terbuka dan berlatar panorama alam memesona. Berada di ketinggian, Taman Langit juga menghadirkan pemandangan Kota Batu dari ketinggian.

Taman Langit Gunung Banyak terletak di Jalan Gunung Banyak, Gunungsari, Bumiaji, kota Batu. Untuk menikmati kawasan ini, pengunjung cukup membeli tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah. Taman ini bisa sudah buka sejak pagi hingga malam hari.

Sebagai destinasi wisata selfie, tersedia banyak lokasi berfoto yang ciamik di sini. Setiap spot memiliki instalasi seni dan patung yang terbuat dari berbagai media. Ada patung angsa raksasa, sarang burung, dan sebagainya. Semuanya tersaji dengan panorama Kota Batu yang dijamin memanjakan mata. 

14. Desa Wisata Pujon Kidul

Desa Wisata Pujon Kidul tempat wisata di Malang dengan suasana pedesaan
Wisatawan dapat merasakan berbagai kegiatan rekreasi ala pedesaan – Foto: Google Maps/Andre Pranata

Banyak desa yang memiliki bentang alam nan asri. Namun, tidak banyak yang berkembang sebagai tempat pariwisata terpadu dengan baik. Desa Wisata Pujon Kidul adalah desa sekaligus objek wisata dengan pengembangan terarah. Memanfaatkan sumber daya alam desa, kawasan ini jadi referensi untuk wisata alam dan rekreasi keluarga yang nyaman.

Desa Wisata Pujon Kidul terletak di Pujon, Krajan, Malang. Mengunjungi desa ini, pengunjung perlu membayar tiket sebesar 12.500 rupiah. Untuk menikmati wahana yang tersedia, terdapat tarif tiket yang terpisah. 

Ada berbagai aktivitas rekreasi yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga di sini. Di antaranya adalah mengendarai ATV, menunggang kuda, hingga aktivitas outbond. Terdapat Cafe Sawah sebagai tempat bersantai sekaligus mencoba kuliner khas pedesaan.

Pengunjung juga bisa menambah wawasan seputar peternakan sapi langsung dari para peternak. Pemandangan sunrise dan sunset dari Bukit Amping jadi hal lainnya yang tidak boleh terlewat saat berkunjung ke desa ini.

15. Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo tempat wisata di Malang dengan berbagai koleksi satwa
Batu Secret Zoo menghadirkan koleksi satwa yang beragam dan cukup lengkap – Foto: Google Maps/Bayu Wardhana

Salah satu tempat wisata di Malang terbaik adalah Batu Secret Zoo. Taman margasatwa seluas 14 Hektare ini adalah bagian dari Jatim Park 2. Batu Secret Zoo menghadirkan konsep taman satwa yang modern. Suasananya nyaman untuk membawa keluarga terutama anak-anak rekreasi.

Jatim Park 2 sendiri terletak di Jalan Oro-Oro Ombo No. 9, Kota Batu. Tiket masuk mulai dari 110 ribu di hari biasa dan 120 ribu untuk hari libur. Tiket ini merupakan tiket terusan yang meliputi Museum Satwa dan Sweet Memories Selfie.

Ada beberapa zona wisata di taman ini. Mulai dari Aquarium, Burung dan Primata, Savannah, Kampung Afrika, Amfibi, hingga Tiger Land. Selanjutnya pengunjung bisa berinteraksi dengan hewan di Zona Birds Feeding atau Safari Farm. Banyak hewan yang dibiarkan bebas seperti burung dan primata kecil. Kandang hewan pun memiliki area luas dan berkonsep semirip mungkin dengan habitat aslinya.

16. Pemandian Air Panas Cangar

Air Panas Cangar tempat wisata di Malang yang memiliki kolam air panas
Menghilangkan pegal dengan mandi air panas di Pemandian Air Panas Cangar – Foto: Google Maps/Bakti Pertiwi Purnama Sari

Udara Kota Batu yang sejuk dan cenderung dingin membuat selalu ingin menghangatkan tubuh. Selain menikmati santapan kuliner hangat, coba juga berendam di Pemandian Air Panas Cangar. Pemandian ini memiliki kolam air panas dengan kandungan mineral yang baik untuk kulit. 

Pemandian Air Panas Cangar berlokasi di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Tidak perlu cemas soal biaya, karena tarif tiket masuknya cukup murah hanya 11.500 rupiah saja. Dengan harga terjangkau, pengunjung dapat berendam sambil menikmati pemandangan perbukitan yang mengelilingi area kolam.

Objek wisata keluarga ini berada di kawasan kaki Gunung Welirang yang asri. Dengan ketinggian lokasi 1.000 mdpl, udaranya pun bersih dan menyegarkan. Area hutan yang ada di sekeliling kolam merupakan habitat monyet liar yang sesekali terlihat bergelantungan. Setelah berendam, pengunjung bisa beristirahat di gazebo yang banyak tersebar di area sekitar kolam.

17. Pantai Teluk Asmara

panorama pantai dengan formasi pulau karang
Gradasi warna laut di Pantai Teluk Asmara – Foto: Google Maps/Rio Wija

Pantai Teluk Asmara adalah salah satu pilihan tempat wisata di Malang yang memiliki pantai pasir putih. Bernama lain Teluk Asmoro, pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang berhiaskan hamparan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Maka tak heran jika banyak yang menjulukinya sebagai Raja Ampat-nya Pulau Jawa. 

Pantai ini berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Dengan panorama alam yang ‘mahal’, Pantai Teluk Asmara bukanlah destinasi wisata yang membuat kantong kempes. Cukup merogoh kocek 10 ribu rupiah untuk tiket masuknya. 

Sebaran pulau kecil di sekitar pantai ini memang jadi pemanis yang banyak menjadi incaran. Pemandangan ini bisa terlihat dengan jelas dari bukit yang ada di sekitar kawasan pantai. Lautnya yang bersih dan tenang menjadi lokasi yang pas untuk berenang hingga snorkeling. Nikmati juga panorama matahari terbenam di sore hari untuk momen romantis yang takkan terlupakan.

18. Batu Flower Garden

Rumah Hobbit
Beragam spot foto unik hadir di Batu Flower Garden – Foto: Google Maps/michael ryant

Batu Flower Garden adalah taman rekreasi yang masih satu kawasan dengan objek wisata alam Coban Rais. Sebelumnya, Coban Rais berdiri sendiri sebagai destinasi wisata air terjun. Kehadiran Batu Flower Garden menambah pilihan aktivitas rekreasi bagi pengunjung air terjun tersebut.

Taman ini berada di Oro-Oro Ombo Kehutanan, Kota Batu. Untuk memasuki kawasan wisata ini, pengunjung perlu membayar 37 ribu rupiah per orang. Tarif wahana mulai dari 10 ribu hingga 65 ribu rupiah.

Sejumlah wahana rekreasi siap menyambut untuk mengisi liburan keluarga di sini. Wahana yang tersedia cocok orang dewasa maupun anak-anak. Beberapa di antaranya adalah kebun bunga di Bukit Bulu, hammock, ayunan ekstrem, dan sepeda langit. Pemandangan pegunungan dan perbukitan jadi panorama yang mengelilingi kawasan ini.

19. Jatim Park 3

Pengunjung memotret salah satu koleksi fosil
Serunya rekreasi dan edukasi zaman prasejarah di JAtim Park 3 – Foto: Google Maps/Muhammad Ansar

Liburan keluarga di daerah Malang belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Jatim Park. Rangkaian taman hiburan tematik ini memiliki variasi wahana yang cocok seluruh kalangan usia. Salah satu bagiannya yang tak pernah sepi pengunjung yaitu Jatim Park 3.

Jatim Park 3 berada di Jalan Raya Ir. Soekarno No. 144, Beji, Junrejo, Kota Batu. Tiket masuk yang berlaku tergantung masing-masing wahana dengan harga mulai dari 25 ribu rupiah. Bagi yang ingin menikmati lebih banyak wahana, tersedia tiket terusan mulai dari 70 ribu rupiah.

Terdapat beragam zona dan wahana rekreasi di Jatim Park 3. Dino Park adalah yang paling populer karena menawarkan edukasi seputar zaman prasejarah dalam aneka wahana menarik. Selanjutnya yang tak boleh terlewat adalah bermain games canggih di Fun Tech Plaza. Jangan lupa untuk berfoto dengan tokoh-tokoh dunia di The Legend Star Museum.

20. Pantai Balekambang

"Keramaian

Pantai Balekambang merupakan tempat wisata di Malang yang sudah lama jadi primadona warga. Objek wisata ini sudah ramai sejak tahun 1985. Daya tariknya tak lain adalah panorama laut dan alam sekitar yang bersih dan asri. Selama di sini wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas rekreasi dengan nyaman sambil melepas penat.

Lokasi Pantai Balekambang berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Jalan Balekambang, Sumber Bening, Batur. Sedangkan untuk tiket masuk pantai cantik ini mengenakan tarif 15 ribu per orang untuk tiket masuk. Kegiatan yang bisa dilakukan antara lain berenang, piknik, bermain pasir, berkemah, dan memancing.

Di sekitar pantai, terdapat pulau batu karang bernama Pulau Ismoyo. Pulau ini terhubung oleh sebuah jembatan yang tak terlalu panjang. Di sini, terdapat Pura Amarta Jati yang berfungsi sebagai tempat beribadah umat Hindu. Pemandangan pulau beserta puranya dari jauh jadi dekorasi alam yang menambah pesona pantai ini.

21. Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari tempat wisata di Malang yang masih sejuk asri
Rekreasi di Kebun Teh Wonosari yang sejuk – Foto: Google Maps/hariesdesign

Di Malang, terdapat destinasi agrowisata kebun teh yang pas untuk keluarga. Yaitu Kebun Teh Wonosari, perkebunan teh di lereng Gunung Arjuno. Objek wisata ini tidak hanya menawarkan wisata edukasi seputar teh. Fasilitas rekreasi seperti kolam renang, outbond, hingga penginapan pun tersedia di sini.

Perkebunan ini terletak di daerah Toyomarto Lawang, Bodean Putuk, Kelurahan Toyomarto, Kecamatan Singosari. Wisatawan bisa membayar 15 ribu ketika kunjungan weekday dan 20 ribu saat weekend. Tarif kegiatan dan wahana rekreasi mulai dari 10 ribu rupiah. Sementara biaya tur pabrik pengolahan teh beserta pemandu mulai dari 50-60 ribu rupiah per orang.

Seperti agrowisata kebun teh pada umumnya, Wonosari menyediakan paket tur kebun dan pabrik. Sebagai pelengkap, wisatawan dapat mencoba aktivitas tea walk, flying fox, ATV, hingga berkuda di area perkebunan. Objek wisata ini juga menyediakan kolam pemandian air hangat serta pilihan akomodasi menginap yang nyaman.

22. Pantai Selok

sejumlah wisatawan beristirahat di tepi pantai
Pantai Selok menyajikan hamparan pasir putih lembut serta pemandangan laut yang cantik. Suasananya masih asri dan belum terlalu ramai kunjungan – Foto: Google Maps / Mohamad Gilang Roziqin

Pantai Selok adalah tempat wisata di Malang yang tepat bagi pencari suasana alam yang tenang. Jauh dari keramaian jadi nilai plus bagi pantai ini. Ini karena belum terlalu lama buka sejak Pantai Selok resmi sebagai objek wisata alam. Hamparan pasir putih nan lembut serta laut yang bersih membuatnya menjadi incaran banyak pelancong.

Pantai ini bersebelahan langsung dengan Pantai Banyu Meneng. Lokasinya  berada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Pengunjung cukup membayar 12 ribu rupiah untuk mendapatkan tiket masuk ke kedua pantai. 

Hamparan pasir putih serta hembusan angin Samudera Hindia jadi hal pertama yang akan menyambut. Gulungan ombaknya memang cukup besar sehingga pengunjung tidak boleh bermain terlalu jauh dari bibir pantai. Di sekitar pantai, terdapat sebaran batu karang berukuran besar yang menghiasi. Panorama sunset dan sunrise dari pantai akan membuat betah untuk berlama-lama di sini.

23. Sengkaling Waterpark

Sengkaling Waterpark tempat wisata di Malang dengan berbagai wahana air
Sengkaling Waterpark sudah berdiri sejak tahun 1950 – Foto: Google Maps/Thecute Wild

Tempat wisata di Malang selanjutnya adalah Sengkaling Waterpark adalah pilihan berlibur untuk keluarga yang menyenangkan. Taman bermain air ini sudah ada sejak tahun 1950 atas prakarsa orang berkebangsaan Belanda, Mr. Coolman. Wisatawan dapat bermain di beragam pilihan kolam renang maupun permainan air.

Sengkaling Waterpark terletak di Jalan Raya Mulyoagung No. 188, Sengkaling, Jetis, Malang. Pengunjung dapat memilih tiket reguler seharga 30 ribu atau tiket terusan seharga 60 ribu rupiah. Tiket terusan ini sudah termasuk fasilitas seluruh jenis kolam, sepeda air, perahu motor, dan wahana rekreasi lainnya.

Seluruh kolam renang menampung air dari sumber mata air alami sehingga menjamin kebersihan dan kesegarannya. Jenis kolamnya antara lain Kolam Pesona Tirta Alam, Kolam Pesona Tirta Sari, Kolam Pesona Primitif, dan Kolam Cumi-Cumi. Yang menarik yaitu adanya Kapal Misteri Bajak Laut. Wahana ini merupakan bangunan berbentuk kapal yang berada di tengah telaga buatan.

24. Boon Pring

Boon Pring tempat wisata di Malang yang memiliki telaga hijau banyak wahana
Wahana bebek-bebekan dengan kayuhan sangat cocok sebagai wahana permainan bersama keluarga.

Boon Pring adalah objek ekowisata yang terletak di Kabupaten Malang. Nama Boon Pring merupakan gabungan dari bahasa Inggris dan Jawa yang berarti ‘Anugerah Bambu’. Daya tarik utamanya memang tanaman bambu yang memenuhi kawasan wisata ini.

Wisatawan dapat mengunjungi destinasi wisata ini di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Tiket masuknya hanya 5 ribu rupiah untuk anak-anak dan 10 ribu rupiah untuk pengunjung dewasa. Tarif ini belum termasuk wahana permainan yang tersedia seperti sepeda air, gethek, dan flying fox.

Boon Pring merupakan taman rekreasi yang di lereng Gunung Semeru. Lebih dari 100 jenis bambu tumbuh di taman seluas 36,8 hektare ini. Terdapat danau yang menambah kesejukan area wisata ini. Berbalut udara segar, pengunjung dapat menikmati wahana permainan dan berburu foto instagramable.

25. Coban Rais

Air terjun di ketinggian tebing
Megahnya Coban Rais – Foto: Google Maps/Tevaldi Aryasetiawan

Penyuka wisata air terjun dapat mencoba menyambangi Coban Rais. Air terjun ini berada di lereng Gunung Panderman dengan ketinggian 1.150 mdpl. Limpahan airnya mencapai 20 meter di tebing batu padas yang kokoh. Objek wisata alam ini kini bahkan sudah melengkapi dengan wahana wisata modern Batu Flower Garden yang membuatnya semakin seru.

Tempat wisata di Malang yang satu ini berada di Jalur Lingkar Barat No. 8, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Cukup membayar 10 ribu rupiah per orang untuk bisa menyaksikan keindahan air terjun ini. Harganya yang terjangkau membuat Coban Rais jadi salah satu opsi tujuan wisata yang ekonomis.

Jalur trekking menuju air terjun memakan waktu sekitar 1 jam berjalan kaki. Jalannya cukup nyaman karena sebagian besar beralas lapisan paving block, tangga, dan pagar pembatas. Suasana hutan yang masih alami jadi teman di sepanjang perjalanan. Area sekitar air terjun pun sudah tertata agar nyaman sebagai tempat bermain atau berendam.

26. Kusuma Waterpark

Panorama pegunungan jadi pemandangan di Kusuma Waterpark
Berenang dan bermain aneka wahana air di Kusuma Waterpark – Foto: Google Maps/Marwiyah Mardjani

Di kawasan wisata petik apel Kusuma Agrowisata, terdapat wahana rekreasi keluarga Kusuma Waterpark. Tempat wisata di Malang berkonsep taman bermain air ini mengusung tema buah-buahan yang menggemaskan. Lokasinya berada di ketinggian 1.100 mdpl sehingga memiliki udara yang sejuk.

Kusuma Waterpark terletak di Jalan Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu. Pengunjung yang ingin rekreasi di sini bisa memilih beberapa jenis bundle tiket. Tiket reguler taman termasuk spot wisata selfie De Tjangkul hanya seharga 20 ribu rupiah saja. Tiket bundle terdiri dari tiket masuk kolam renang, De Tjangkul, dan aktivitas petik buah-buahan.

Kolam di Kusuma Waterpark terutama kolam permainan yang cocok untuk anak-anak. Beberapa diantaranya yaitu Kolam Apel memiliki seluncuran mini dan ember tumpah yang seru. Selanjutnya ada Kolam Buah Naga merupakan kolam arus untuk bersantai. Lalu ada juga Kolam Kopi yang merupakan kolam air hangat dangkal yang nyaman untuk relaksasi. 

27. Eco Green Park

taman edukasi margasatwa Eco Green Park
Menambah wawasan seputar satwa dan aneka jenis unggas di Eco Green Park – Foto: Google Maps/Fendy Kusworo

Wisata edukasi fauna yang lengkap dan menyenangkan salah satunya yaitu Eco Green Park. Sesuai namanya, objek wisata ini merupakan taman yang mengusung konsep edukasi lingkungan. Taman ini memiliki koleksi beragam fauna dengan mayoritas spesies burung.

Eco Green Park berada di Jalan Oro-Oro Ombo No. 9A, Kecamatan Batu, Kota Batu. Untuk mendapatkan fasilitas rekreasi dan edukasi yang tersedia, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar 40 ribu rupiah. Wisatawan bisa mengelilingi area taman dengan berjalan kaki atau menggunakan transportasi kereta atau sepeda yang tersedia.

Beberapa zona menarik di Eco Green Park yaitu World of Parrot, Owl House, dan World of Pheasant. Di zona tersebut, pengunjung dapat melihat berbagai jenis burung dan menyaksikan pertunjukan atraksi burung yang menarik. Zona edukasi yang tak boleh terlewatkan bagi para pecinta hewan adalah Surgery Room dan Nursery. Di sini, pengunjung akan mendapat wawasan seputar pengobatan dan perawatan hewan sakit.

28. Coban Bidadari

Gardu pandang yang disediakan sebagai tempat santai sekaligus berfoto
Selain air terjun, kawasan Coban Bidadari kini menawarkan sejumlah gardu pandang sebagai spot untuk menikmati pemandangan – Foto: Google Maps/Wiro S. Poerwoko

Coban Bidadari adalah objek wisata alam berupa air terjun. Tempat wisata di Malang yang berpagar tebing serta hutan yang masih asri, Coban Bidadari layak menjadi destinasi refreshing di akhir pekan. Selain bentang alamnya, terdapat sejumlah ruang untuk berfoto dengan instalasi kekinian. 

Air terjun ini terletak di Jalan Raya Gubugklakah, Poncokusumo, Malang. Tarif tiket masuknya seharga 15 ribu rupiah. Dari pos tiket, pengunjung perlu berjalan kaki menyusuri jalur trekking sejauh kurang-lebih 1 kilometer. Medannya cukup menantang, sehingga pastikan kondisi tubuh cukup fit untuk melaluinya.

Air terjun Coban Bidadari memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Lokasinya yang berpagar bukit menjadikannya tempat foto panorama yang memukau. Terdapat juga Gardu pandang di pinggir tebing hingga dekorasi berbentuk sayap adalah sebagian fasilitas penunjangnya. Pemandangan spesial terutama pada saat sore hari saat matahari mulai terbenam.

29. Malang Smart Arena

Malang Smart Arena berada di dalam kawasan Komplek Graha Kencana Raya, Malang
Malang Smart Arena adalah kawasan bermain dalam ruang terbesar di Malang. Arena bermain ini memadukan beragam wahana permainan yang melatih perkembangan sensorik, motorik, dan kreativitas anak-anak – Foto: Google Maps / Gunadi Kr

Malang Smart Arena salah satu tempat wisata di Malang berkonsep taman bermain indoor terbesar yang ada di kota Apel. Berbagai wahana permainan aktif dan interaktif untuk balita hingga remaja ada di sini. Taman dengan luas lahan 400 meter persegi ini sangat menyenangkan sebagai tujuan wisata keluarga, terutama anak-anak.

Seperti halnya Malang Night Paradise, taman bermain ini juga masih satu kawasan dengan Hawai Water Park. Lokasinya berada di Jalan Graha Kencana Raya No. 55, Karanglo, Banjararum, Singosari, Malang. Tarif tiket masuk untuk semua wahana mulai dari 60 ribu rupiah. Tiket ini tidak terbatas waktu, sehingga pengunjung dapat bermain sepuasnya.

Taman ini terbagi dalam beberapa zona permainan berdasarkan usia. Safari Park merupakan area utama dengan seluncuran tinggi yang cocok semua usia. Baby Play Zone menghadirkan permainan yang bisa melatih motorik dan sensorik pada balita. Sementara Zona Gokart, Warrior, dan Wall Climbing bisa jadi ajang bermain dan olahraga bagi anak-anak dan orangtuanya.

30. Pantai Goa Cina

Hamparan pasir lembut dan laut lepas
Pantai Goa Cina yang memesona – Foto: Google Maps/Ummu Raykhan

Tempat wisata di Malang yang cukup cantik lainnya yaitu Pantai Goa Cina. Pantai ini memiliki nama asli Pantai Rowo Indah. Nama ‘Goa Cina’ diambil karena terdapat goa lokasi meninggalnya seorang pendeta Cina. Keberadaan goa ini menambah aspek wisata kultural pada pantai yang menyuguhkan bentang alam nan manis.

Pantai Goa Cina terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Akses jalan menuju pantai ini sudah sangat mulus karena bagian dari Jalur Lintas Selatan. Wisatawan cukup membayar 10 ribu rupiah untuk bisa memasuki kawasan wisata tersebut.

Keindahan Pantai Goa Cina sangat mengundang untuk piknik atau berenang. Laut dan lahan pasirnya bersih sehingga nyaman untuk lahan aktivitas rekreasi. Area sekitar pantai merupakan lapangan rumput yang bisa menjadi tempat berkemah. Pantai ini juga memiliki pemandangan sunrise dan sunset yang memesona.

31. Taman Wisata Wendit

Salah satu kolam di Taman Wisata Wendit
Kolam pemandian Taman Wisata Wendit yang menampung mata air alami – Foto: Google Maps/Vyan Yuda

Taman Wisata Wendit adalah pengembangan dari pemandian alami yang menjadi taman rekreasi aneka wahana. Taman ini kabarnya sudah ada sejak zaman Majapahit sebagai lokasi ritual. Kolam pemandian alaminya jadi magnet utama bagi wisatawan. Di samping berenang, pengunjung dapat menikmati sejumlah aktivitas rekreasi lainnya di sini.

Lokasi Taman Wisata Wendit berada di Jalan Raya Wendit Timur, Lowoksoro, Mangliawan, Pakis, Malang. Pengunjung perlu membayar tarif tiket masuk kurang dari 20 ribu rupiah saja per orangnya. Biaya ini sangat terjangkau jika melihat kelengkapan fasilitas yang tersedia.

Kolam alami di Taman Wisata Wendit juga terdapat ikan-ikan cantik. Jadi, pengunjung bisa mendapatkan sensasi berenang bersama para ikan. Taman ini juga menyajikan kolam buatan untuk wahana air seperti sepeda dan perahu. Water Park jadi fasilitas tambahan yang populer karena wahana seluncurnya yang menantang.

32. Jatim Park 1

Jatim Park 1
Serunya liburan di Jatim Park 1 – Foto: Google Maps/Irma Sari

Tempat wisata di Malang yang cukup ikonik yaitu Jatim Park 1. Taman hiburan dengan berbagai wahana permainan layaknya Dufan. Hanya saja, taman ini berada di dataran tinggi Kota Batu yang sejuk yang sekelilingnya adalah pegunungan. Berbagai wahana permainan yang menyenangkan hingga menegangkan ada di sini. 

Jatim Park 1 terletak di Jalan Kartika No. 2 Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. Tiket masuknya cukup terjangkau mulai dari 60 ribu rupiah. Tiket ini sudah termasuk semua wahana kecuali Gokart, Trampoline, Flying Fox, dan Arena Ketangkasan. 

Ada beberapa wahana pilihan di Jatim Park 1. Wahana pemacu adrenalin di antaranya Superman Coaster, Volcano Coaster, Pendulum 360 derajat, dan Flying Tornado. Terdapat zona edukasi yaitu Science Center, Galeri Etnik, dan Museum Tubuh. Taman ini juga memiliki Waterboom dengan berbagai pilihan seluncuran seru.

33. Alun-Alun Kota Wisata Batu

Taman alun-alun kota batu
Rekreasi murah-meriah di Alun-Alun Kota Batu – Foto: Google Maps/A Rifqi Amin

Jika butuh hiburan murah-meriah yang menyenangkan di Kota Batu, coba sambangi alun-alunnya. Alun-Alun Kota Batu adalah tempat rekreasi yang memiliki ciri khas wahana bianglala raksasa. Ada banyak kegiatan rekreasi yang tersedia di kawasan taman kota ini, tanpa perlu mengeluarkan banyak dana.

Alun-Alun Kota Batu berada di Jalan Diponegoro, Sisir, Kecamatan Batu. Sebagai fasilitas umum, tidak terdapat tiket masuk yang berlaku untuk memasuki alun-alun ini. Wisatawan cukup menyisihkan uang untuk bermain wahana atau mencicipi kuliner pasar.

Taman kota ini memiliki area bermain dan air mancur yang jadi favorit anak-anak. Di malam hari, kawasan alun-alun akan ramai oleh wahana kelinci hias, mobil hias, dan bianglalanya. Tak jauh dari sana, terdapat Pasar Laron yang menjajakan berbagai kuliner maupun oleh-oleh khas Kota Batu.

34. Kampung Jodipan

Deret rumah berwarna-warni kampung jodipan
Bantaran Sungai Brantas yang beraneka warna dengan kehadiran Kampung Jodipan – Foto: Google Maps/Achmad nugraha

Tempat wisata di Malang yang satu ini cocok bagi yang ingin berburu spot-spot foto yang menarik dan tak biasa dengan dana terbatas. Waktunya mengunjungi Kampung Warna-Warni Jodipan. Dari kampung kumuh, Jodipan bertransformasi menjadi kampung dengan rumah aneka warna. Tak hanya itu, Jodipan juga memiliki sudut-sudut yang menggemaskan dan Instagrammable.

Kampung Jodipan bisa berada di Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Tidak perlu khawatir soal tiket masuk, karena pengunjung hanya perlu membayar tarif 3 ribu rupiah saja per orangnya. Dengan biaya murah, wisatawan bebas berkeliling sambil mencari spot foto terbaik di kampung ini.

 Keberadaan Kampung Jodipan bagaikan pelangi di bantaran Sungai Brantas yang gersang. Tidak hanya dinding berwarna-warni, jalanan di sini pun tidak luput dari dekorasi. Ada payung-payung yang bergantungan di udara hingga lorong berhiaskan beragam topeng. Sedangkan spot foto wajib di sini adalah Jembatan Ngalam yang memiliki bagian beralas kaca tembus pandang.

35. Kampung Tridi

Kampung Tridi
Kampung Tridi penuh dengan lukisan tiga dimensi di berbagai sudutnya -Foto: Google Maps/yudhi fauza

Di seberang Kampung Jodipan, terdapat kampung lainnya yang tak kalah menarik menambah tempat wisata di Malang. Namanya Kampung Tridi, kampung biasa yang kemudian berdandan jadi istimewa. Daya tariknya adalah lukisan tiga dimensi berukuran besar yang terdapat di berbagai sudut.

Kampung Tridi menempati bantaran Sungai Brantas sebelah utara, berseberangan dengan Jodipan. Tarif tiket masuknya pun sama-sama 3 ribu rupiah saja. Jika sudah puas berkeliling Kampung Jodipan, tentu tak bisa terlewatkan untuk melihat-lihat Kampung Tridi. Pengunjung cukup menyeberangi Jembatan Ngalam sembari sesekali berfoto di tengahnya.

Di Kampung Tridi, wisatawan akan menemukan sejumlah lukisan tiga dimensi. Lukisan ini menghiasi dinding-dinding rumah yang berwarna-warni. Pengunjung dapat berpose dengan lukisan hewan buas dan lainnya untuk mendapatkan hasil foto kreatif. Adanya beragam lukisan tiga dimensi ini bisa menjadikan Kampung Tridi sebagai alternatif wisata selfie yang hemat.

36. Coban Talun

Air terjun di tebing bebatuan coban talun
Pesona alam sekitar Coban Talun yang memikat pelancong – Foto: Google Maps/Mizan Ar

Masih ingin menjelajah lebih banyak air terjun di daerah Malang? Coban Talun mungkin bisa masuk daftar liburan selanjutnya. Coban Talun menempati kawasan sisi barat Gunung Arjuno. Di samping menikmati air terjun, ada juga wahana wisata keluarga lainnya.

Lokasi Coban Talun berada di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu. Untuk mencapai lokasi air terjun, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer dari gerbang kedatangan. Cukup membayar 10 ribu rupiah per orang untuk bisa memulai petualangan kecil menuju air terjun ini.

Air terjun ini memiliki ketinggian air hingga 30 meter. Sebelum tiba di sana, pengunjung dapat menikmati sajian pemandangan sekitar Gunung Arjuno yang menyejukkan mata. Fasilitas seperti spot foto dan penginapan semakin melengkapi aktivitas rekreasi di sini. Sambangi juga kebun bunga yang dihiasi hamparan bunga hydrangea aneka warna.

37. Omah Kayu

omah kayu tempat wisata di Malang untuk menikmati keindahan kota dari ketinggian
Bermalam di ‘rumah pohon’ a la Omah Kayu – Foto: Google Maps/Buchori Waya Nihan

Rasakan syahdunya suasana hutan pinus dengan bermalam di Omah Kayu. Omah Kayu adalah penginapan berkonsep ‘back to nature’ yang ada di dalam kawasan Taman Langit Gunung Banyak. Selaras dengan namanya, bangunan di sini terbuat dari bahan kayu dan ijuk. 

Wisatawan dapat mengunjungi Omah Kayu saat berwisata di Taman Langit Gunung Banyak. Setidaknya terdapat 7 unit kamar pilihan yang dapat disewa. Tarif sewa mulai dari 350 ribu hingga 750 ribu rupiah. Biaya sudah termasuk fasilitas kamar mandi luar dengan air hangat dan sarapan.

Bangunan Omah Kayu sengaja mengusung konsep menyerupai rumah pohon. Sehingga wisatawan yang menginap bisa menikmati panorama alam sekitar dengan leluasa. Pada saat malam hari, gemerlap lampu Kota Batu yang menawan siap memanjakan mata. Berselimut udara segar perbukitan, menginap di Omah Kayu akan jadi pengalaman berlibur di Batu yang berharga.

38. Taman Kelinci Rumah Hobbit

Rumah Hobbit di Taman Kelinci
Bermain dengan para kelinci dengan nuansa negeri dongeng – Foto: Google Maps/20_Pricillia amanda s.p 3A

Makhluk hobbit adalah karakter fiktif yang muncul dalam karya populer Lord of The Ring. Hobbit dikenal tinggal dan hidup di rumah yang berbentuk unik. Rumah mereka berada di perbukitan, dengan atap rendah dan bagian rumah yang tidak lazim. Keunikan rumah hobbit ini bisa ditemui juga di Taman Kelinci Malang.

Rumah Hobbit adalah dekorasi mencolok dari salah satu area di taman rekreasi dan edukasi ini. Objek wisata bernama Plaza Garden Wisata Edukasi Rabbit Field ini berlokasi di Jalan Paralayang, Desa Pandesari, Pujon, Malang. Pengunjung anak-anak usia 1 hingga 4 tahun dikenai tarif tiket 10 ribu rupiah. Sementara pengunjung dewasa dikenai tarif 15 ribu hingga 20 ribu rupiah.

Dengan tinggi bangunan tak lebih dari 1,5 meter, Rumah Hobbit jadi salah satu spot favorit di taman ini. Pintu berbentuk lingkaran terapit oleh jendela berukuran mungil. Wisatawan dapat berfoto sepuasnya di sekitar bangunan sambil bermain dengan kelinci-kelinci. Para kelinci ini dibiarkan liar dan bisa berinteraksi langsung.

39. Coban Rondo

Air terjun yang sangat tinggi
Salah satu air terjun tertinggi di Malang, Coban Rondo – Foto: Google Maps/rizki putra

Tempat Wisata di Malang bertemakan alam yang cocok untuk keluarga lainnya adalah Coban Rondo. Coban Rondo sudah terkenal sebagai tujuan rekreasi dari masa ke masa. Air terjun ini berada di ketinggian 1.135 mdpl dan memiliki udara yang sejuk. Selain sebagai tempat wisata, Coban Rondo juga punya kisah legenda yang menyelimutinya.

Coban Rondo terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang. Tiket masuknya untuk hari biasa sebesar 35 ribu, sementara di hari libur 40 ribu rupiah. Dengan tarif tersebut, pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan air terjun. Tetapi juga wahana Taman Labirin, Shooting Target, Panahan, dan Bersepeda. 

Sumber mata air Coban Rondo adalah Mata Air Cemoro Mudo. Aliran airnya cukup deras dan mengalir di ketinggian tebing 84 meter. Aktivitas rekreasi yang bisa dilakukan di kawasan wisata ini antara lain Fun Tubing dan Paint Ball. Keduanya bisa dinikmati dengan biaya terpisah.

40. Taman Wisata Selorejo

taman selorejo tempat wisata di Malang dengan danau berlatar pegunungan
Danau buatan Selorejo yang berfungsi sebagai reservoir air sekaligus sarana rekreasi dan pariwisata – Foto: Google Maps/Oktaf Yogi

Malang juga punya objek wisata berupa danau yang cantik. Namanya Taman Wisata Selorejo yang berada di Dusun Sedawun, Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang. Daya tarik utamanya adalah waduk di ketinggian 600 mdpl yang dikelilingi panorama alam nan menawan.

Untuk menikmati keindahannya, pengunjung dikenai tiket 20 ribu rupiah per orang. Tiket ini belum termasuk biaya wahana yang tersedia. Wahana perahu menerapkan tarif yang bisa ditawar hingga mencapai kesepakatan.

Danau yang dibuat pada tahun 1970 ini dikelilingi beberapa gunung. Wisatawan dapat melihat panorama Gunung Kawi, Anjasmoro, hingga Kelud dari kawasan danau ini. Di sekitar danau, terdapat perkebunan buah lokasi agrowisata. Pengunjung juga bisa menyalurkan hobi memancing di sini, lho.

41. Goa Pinus

Berpose di 'pinggir jurang'
Area wisata Goa Pinus memiliki aneka spot foto kreatif dan unik – Foto: Google Maps/Harianto Nugraha

Goa Pinus adalah tempat wisata di Malang yang memiliki banyak spot foto dengan panorama alam memesona. Dulunya area Goa yang jadi asal-muasal nama tempat wisata ini merupakan bekas galian pasir yang sudah tidak terbengkalai. Namun, lokasinya yang berada di bukit membuatnya diselimuti udara sejuk. Tempat ini kemudian berubah menjadi tempat wisata yang memiliki berbagai fasilitas rekreasi. 

Wisata Goa Pinus termasuk salah satu wisata murah-meriah yang bisa dinikmati berbagai kalangan. Cukup membayar 10 ribu rupiah untuk menikmati keindahan kawasan wisata ini. Lokasi goa ini sendiri bisa ditemui di Gang Mbah Ba’i, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu.

Spot foto berlatar pemandangan pegunungan adalah daya tarik yang banyak dicari wisatawan Goa Pinus. Untuk membuat selfie lebih menarik, disediakan spot berbentuk perahu atau batu yang berada langsung di tepi jurang. Pengunjung juga bisa berfoto di gardu pandang sambil menikmati pemandangan yang tersaji. Selanjutnya ada Kawasan Papua, area hutan yang berhiaskan replika Honai.

42. Batu Wonderland Waterpark and Resort

Wahana permainan di kolam renang anak-anak
Kolam renang dengan wahana permainan di halaman penginapan – Foto: Google Maps/Batu Wonderland Waterpark & Resort Hotel

Jika bingung menentukan pilihan untuk berlibur di Kota Batu, tak ada salahnya memilih Batu Wonderland Waterpark and Resort. Destinasi liburan ini merupakan komplek rekreasi yang terdiri dari hotel dan taman bermain air. Hadir pula pusat perbelanjaan dan restoran yang bisa dinikmati semua kalangan usia.

Batu Wonderland Waterpark and Resort terletak di Jalan Imam Bonjol No. 9, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu. Untuk menikmati kolam renangnya, cukup membayar 10 ribu rupiah di hari biasa dan 20 ribu rupiah di akhir pekan. Namun, pengunjung yang menginap di hotel bisa menikmati fasilitas ini secara gratis. Tarif menginap mulai dari 300 ribu hingga 800 ribu rupiah per malamnya.

Kolam renang di taman ini terbagi menjadi kolam renang anak-anak dan kolam renang umum. Kolam anak-anak dilengkapi berbagai seluncuran dengan dekorasi gurita raksasa yang menjadi ciri khasnya. Puas berenang, wisatawan bisa menikmati sajian menu spesial di restoran atau membeli berbagai suvenir Kota Batu di pusat perbelanjaannya.

43. Bukit Nirwana

pengunjung berfoto di salah satu wahana foto unik Bukit Nirwana
Bukit Nirwana sangat populer bagi wisatawan terutama dari kalangan anak muda. Di sini, banyak wahana swafoto menarik yang bisa dicoba tanpa harus merogoh kocek tambahan – Foto: Google Maps / Muhammad Syahid Habibillah

Bukit Nirwana merupakan salah satu tujuan rekreasi populer di Kabupaten Malang. Tempat wisata ini termasuk dalam kawasan Desa Pujon. Daya tariknya berupa perpaduan pesona alam asri perbukitan dengan tempat makan bergaya kekinian.

Objek wisata ini terletak di Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang. Cukup 20 menit berkendara dari pusat Kota Batu menuju kemari. Tarif tiket masuknya hanya 10 ribu rupiah, sementara menu makanan dibanderol mulai dari 8 ribu rupiah. Pengunjung juga bisa berkemah dengan biaya 400 ribu rupiah untuk empat orang.

Lokasinya yang dekat dengan kota menjadikannya dengan cepat melejit sebagai destinasi wisata hits. Bukit yang dikelilingi pegunungan ini menyajikan tempat bercengkerama di tengah suasana sejuk. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam sekaligus puas makan dan berfoto tanpa perlu membayar mahal. Selain sebagai tempat rekreasi, Bukit Nirwana juga banyak dijadikan lokasi foto pre-wedding karena keindahannya.

44. Pantai Tiga Warna

Bersantai di tepi Pantai Tiga Warna
Pantai Tiga Warna yang menampilkan gradasi warna laut – Foto: Google Maps/Nolianto Ananda

Ingin menyaksikan gradasi warna laut yang menakjubkan? Pantai Tiga Warna adalah tempat yang tempat. Pantai ini menyajikan pesona laut yang cantik dan tenang. Keindahan ini berpadu dengan hamparan pasir putih yang luas dan lembut.

Pantai Tiga Warna berada di Jalan Sendang Biru, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang. Cukup membayar 10 ribu rupiah per orang untuk menikmati keindahannya. Pantai ini juga menawarkan aktivitas rekreasi seperti snorkeling dan banana boat. 

Nama Tiga Warna yang disandangnya memang bukan sembarang nama. Menginjakkan kaki di pantai ini, wisatawan akan langsung disuguhi tiga lapis warna laut. Warna toska, biru muda, serta biru tua jadi pemandangan yang memanjakan mata. Wisatawan bisa sekadar bermain di bibir pantai atau mencoba wahana rekreasi yang disediakan di sini.

45. Pantai Ngliyep

spot foto di tepi pantai
Cantiknya Pantai Ngliyep di Malang – Foto: Google Maps/Desy Dp

Warga Malang dan sekitarnya tentu sudah tidak asing dengan Pantai Ngliyep. Pantai ini sudah populer bahkan sejak tahun 1980-an sebagai destinasi wisata. Pantainya luas dan dikelilingi alam yang asri. Ketenangan suasananya dijamin akan wisatawan yang datang ‘ngliyep’ alias mengantuk.

Pantai Ngliyep berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Fasilitasnya lengkap, mulai dari toilet dan penyewaan tikar hingga penginapan dan pesanggrahan untuk acara pertemuan. Untuk masuk ke kawasan pantai pengunjung dikenai tarif tiket 15 ribu rupiah per orangnya.

Pantai ini memiliki lahan pasir putih yang halus dan luas. Lahannya pun cukup landai sehingga nyaman untuk piknik dan maupun bermain. Panorama sunrise maupun sunset pun sayang untuk dilewatkan di pantai ini. Di sekitar pantai, terdapat Teluk Putri dan Pulau Gunung Kombang yang juga bisa dikunjungi. 

46. Banyu Anjlok

Air terjun di pinggir pantai
Banyu Anjlok menghadirkan perpaduan air terjun dan pantai yang cantik – FOto: Google Maps/Totok Orisa

Bingung menentukan pilihan berlibur ke pantai atau air terjun? Banyu Anjlok yang berada di Malang punya jawabannya. Objek wisata alam ini merupakan pantai yang dilengkapi muara sungai dengan air terjun. Wisatawan pun bisa mendapatkan dua objek wisata dalam satu lokasi saja.

Pantainya sendiri berlokasi di Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Pantai ini lebih mudah jika diakses dengan menaiki perahu dari Pantai Lenggoksono. Tarif perahu 50 ribu rupiah per orang, sementara tiket masuk Banyu Anjlok 10 ribu rupiah.

Namanya yang berarti ‘air jatuh’ menggambarkan jatuhan airnya yang seolah meluncur begitu saja dari balik bukit. Tinggi air terjun mencapai 8 meter. Airnya mengalir langsung ke pantai yang diapit perbukitan. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati air terjun, tetapi juga berenang di telaga yang terbentuk di puncaknya.

47. Taman Rekreasi Tlogomas

Taman Wisata Tlogomas
Area kolam buatan dengan berbagai wahana menarik.

Taman Rekreasi Tlogomas merupakan taman rekreasi tertua yang ada di Malang. Terdapat beragam aktivitas rekreasi ramah keluarga yang bisa dinikmati di sini. Spot foto menarik hingga taman bermain air bisa ditemui di sini. Rekreasi di taman ini sangat layak sebagai destinasi liburan keluarga atau bersama teman-teman.

Taman ini berlokasi di Jalan Baiduri Pandan No. 17, Tlogomas, Lowokwaru, Malang. Berlaku satu tarif tiket untuk seluruh pengunjung yaitu 40 ribu rupiah. Pengunjung berusia 1 tahun ke atas sudah dikenai tiket masuk.

Wahana rekreasi terbesar di taman ini yaitu waterpark. Seluncuran hingga ember tumpah akan melengkapi keseruan berenang dan bermain di sini. Di sekitar kolam, terdapat taman berisi aneka miniatur landmark seperti Candi Borobudur. Beragam patung seperti dinosaurus dan koboi juga turut menghiasi taman rekreasi berusia panjang ini.

48. Pulau Sempu

wisatawan menikmati area sekitar pulau yang asri
Mendayung di sekitar Pulau Sempu – Foto: Google Maps/Jalan Asik

Tinggalkan penat aktivitas sehari-hari dengan berlibur ke Pulau Sempu di Malang. Pulau Sempu adalah kawasan konservasi yang menyajikan suasana alam yang benar-benar terjaga keasriannya. Oleh sebab itu, dibutuhkan izin khusus untuk bisa berkunjung kemari.

Pulau Sempu bisa diakses dari Pantai Sendang Biru dengan menaiki perahu. Pantai ini terletak di Jalan Sendang Biru, Kampung Baru, Tambakrejo, Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Selain tiket masuk Sendang Biru seharga 10 ribu rupiah, siapkan biaya untuk mengurus perizinan dan menyewa perahu. Perizinan dan pemandu membutuhkan biaya 200 ribu rupiah, sementara perahu PP seharga 130 ribu rupiah.

Kondisi pulau yang masih alami menyajikan kawasan hutan belantara yang bisa dijelajahi. Wisatawan dapat melakukan trekking di sekitar hutan dengan jalur yang sudah tersedia. Kegiatan berkemah, memancing, dan bermain di pantai pun diperbolehkan di sini. Jangan lewatkan menyaksikan panorama langit ketika matahari terbit dan terbenam dari pulau cantik ini.

49. Coban Putri

salah satu air terjun di Coban Putri
Coban Putri menyajikan suasana alam yang masih asri dengan sepasang air terjun kembar – Foto: Google Maps/muhammad rizzal

Destinasi wisata unggulan di Kota Batu salah satunya adalah Coban Putri. Objek wisata alam berupa air terjun ini keindahannya bisa disandingkan dengan Coban Rais. Usianya tergolong baru sebagai tujuan wisata, namun sudah dilengkapi berbagai fasilitas rekreasi dan penunjang yang cukup lengkap.

Coban Putri berlokasi di Jalan Oro-Oro Ombo, Kota Batu. Aksesnya agak sulit karena harus melalui jalan yang sempit. Sangat disarankan untuk mengendarai motor untuk mencapai lokasinya. Memasuki kawasan wisata ini, pengunjung cukup menyiapkan 10 ribu rupiah untuk tiket masuk.

Daya tarik Coban Putri adalahnya adanya sepasang air terjun kembar. Keduanya memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Wisatawan dapat bermain air atau bersantai di telaga yang mengalir tak jauh dari jatuhan airnya. Aktivitas seperti berkemah dan berfoto di spot selfie juga bisa dilakukan di sini.

Tempat Wisata di Malang Lainnya

Selain daftar di atas, masih ada lebih dari 50 tempat wisata di Malang yang bisa dikunjungi. Dengan beragam pilihan tempat berlibur, Malang jadi tujuan yang tepat untuk rekreasi keluarga atau liburan romantis sekalipun. Jadi, kapan nih, mau ke Malang? (QDL)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini