Beranda Tiket Wisata

SUNGAI OYO Tiket Gratis Bisa Susur Sungai Seru September 2022

0
Harga Tiket Masuk Sungai Oyo : Rp45.000 - Rp100.000Jam Buka: 07.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Desa Putat, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55782

Sungai Oyo salah satu sungai terbesar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Keindahan alamnya luar biasa tersaji di sepanjang aliran sungainya. Berhulu di lereng barat perbukitan Gajah mungkur sungai ini terkenal dengan arusnya. Maka dari itu wisata susur sungai menjadi sangat populer di sungai ini. Selain itu dari tepiannya pemandangan alam yang luar biasa terhampar.

Didominasi bebatuan karst dan pepohonan tinggi memberikan kesan seperti berada di Green Canyon. Bagi yang suka sensasi wisata petualangan, Sungai Oyo bisa menjadi pilihan. selain itu kondisi alam sekitar yang masih asri juga sangat cocok untuk sekedar bersantai. Duduk-duduk di tepi sungai atau bermalam dengan tenda menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Airnya yang berwarna hijau begitu menyejukkan mata.

Harga Tiket Masuk Sungai Oyo

Untuk berwisata ke Sungai Oyo wisatawan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Apabila hanya ingin sekedar bersantai maka tidak perlu ada biaya apa pun. Namun jika ingin susur sungai ada arung jeram maka ada biaya tersendiri. Harganya termasuk murah dan sudah termasuk kelengkapan yang standar.

Harga Tiket Masuk Sungai Oyo
Tiket MasukGratis
Susur SungaiRp45.000/orang
Arum JeramRp100.000/orang

Baca: GOA PINDUL Tiket & Aktivitas

Jam Buka

Untuk menikmati keindahan Sungai Oyo wisatawan bisa berkunjung kapan saja. Hal itu karena tempat ini selalu buka setiap hari. Jam operasionalnya pun sangat panjang dari pagi hingga sore. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah ketika cerah. Saat atau setelah hujan air sungai akan meluap sehingga segala aktivitas di air tidak dapat dilakukan.

Jam Buka
Setiap Hari07.00 WIB – 17.00 WIB

Wisata Sungai Dengan Alam Sangat Asri

Pemandangan Sungai dengan barisan bukit di sekitarnya
Sungai ini memiliki kondisi alam yang masih asri dan begitu menyegarkan. Foto: Gmaps/Yunia Kusumawati

Sungai Oyo salah satu aliran terbesar di Yogyakarta bersama Sungai Opak dan Sungai Progo. Masing-masing punya keindahannya sendiri, begitu pun dengan Sungai Oyo. Sungai ini memiliki pesona perbukitan karst di kanan kirinya. Hijaunya pepohonan rimbun menambah kesan asri dari tempat ini. airnya berwarna hijau dengan air terjun kecil di salah satu sudut alirannya.

Sungai Oyo juga populer dengan beragam aktivitas air. Susur sungai hingga arung jeram semua bisa dilakukan di tempat ini. Banyaknya titik-titik jeram di sepanjang alirannya menjadikan sensasi petualangan begitu terasa. Jeramnya sendiri masih relatif aman sehingga bisa untuk semua kalangan khususnya pemula.

Baca: TAMAN SUNGAI MUDAL Tiket & Daya Tarik

Keindahan di Tepian Sungai Oyo

Pemandangan di Sungai Oyo
Dari tepiannya wisatawan bisa melihat pesona yang luar biasa dari tempat ini. Foto: Gmaps/Pringadi Surya

Bagi yang sekedar ingin bersantai dan menenangkan diri, Sungai Oyo bisa jadi pilihan. Wisatawan bisa duduk di tepi sungai sembari menikmati keindahan yang ada. Area tepian sungai ini berupa bebatuan karst dan pepohonan. Sehingga suasana terasa begitu teduh dan asri. Melihat aliran sungai yang berwarna hijau terasa begitu menenangkan hati.

Tepian Sungai Oyo memiliki ketinggian yang bervariasi. Terdapat bukit-bukit batu yang dapat didaki. Melihat pesona sungai dari atas akan terlihat semakin cantik. Waktu-waktu terbaik untuk menikmati pesona sungai adalah pagi atau sore hari. Di waktu tersebut udara terasa begitu sejuk. Pesona sunset di sore hari juga sangat memesona.

Baca: DE MANGOL Gunung Kidul Tiket & Ragam Aktivitas

Susur Sungai Oyo

Aktivitas susur Sungai Oyo
Di sungai ini wisatawan dapat menikmati sensasi petualangan dengan mengikuti wisata susur sungai. Foto: Gmaps/Aniva Rosyadi

Salah satu aktivitas favorit wisatawan yaitu susur sungai. wisatawan akan menyusuri sungai dengan rute sepanjang kurang lebih 4km. Aliran sungainya tidak terlalu deras sehingga terasa begitu nyaman. Di sepanjang perjalanan wisatawan akan disuguhi pemandangan yang begitu indah. Kawasan perbukitan karst yang menjulang dan batuan besar di tepi sungai begitu indah.

Di beberapa titik wisatawan juga akan melewati kawasan jeram. Ketika ban untuk susur sungai melewati jeram menjadi momen yang paling menegangkan sekaligus seru. Wisatawan tidak perlu khawatir karena dalam aktivitas ini dilengkapi dengan peralatan yang memadai.

Baca: HEHA OCEAN VIEW Tiket & 4 Daya Tarik

Ada Air Terjun Mini

Di salah satu sudut aliran Sungai Oyo ini terdapat sebuah air terjun. Meski tidak terlalu tinggi namun keindahannya tidak bisa dipandang sebelah mata. untuk mencapai air terjun tersebut wisatawan harus susur sungai terlebih dahulu. Biasanya aktivitas susur sungai berhenti di spot tersebut untuk mengambil gambar. Wisatawan juga bisa melompat dari atas air terjun yang setinggi empat meter.

Arum Jeram Sungai Oyo

Di aliran sungai ini juga bisa dipakai untuk aktivitas olahrga arum jeram. Bagi yang baru pertama kali ingin mencoba maka sungai ini menjadi pilihan yang tepat. Dibanding wisata jeram lain di sungai kawasan Yogyakarta, aliran sungai ini lebih ramah untuk pemula. terdapat cukup banyak titik jeram yang tidak terlalu ekstrem. Namun keseruannya akan tetap terasa.

Baca: HEHA SKY VIEW Tiket Masuk & Aktivitas

Berenang di Sungai Oyo

Pesona Sungai Oyo dengan tebing kapur di kanan kiri
Airnya yang bersih sangat menggoda wisatawan untuk menceburkan diri ke dalamnya. Foto: Gmaps/Pringadi Surya

Aliran airnya yang relatif tenang membuat sungai ini juga cocok untuk berenang. Air yang berwarna hijau seakan menggoda siapa saja untuk segera menceburkan diri. Kedalaman sungai ini sangat bervariasi. Jadi untuk yang tidak bisa berenang bisa bermain air di area tepi dan tidak perlu terlalu ke tengah.

Berkemah

Kawasan sungai yang masih alami menjadikan tempat ini juga cocok untuk berkemah. Wisatawan bisa mendirikan tenda di tepi-tepi sungai. ketika malam hari suasana begitu tenang dan damai. Menghabiskan malam bersama sahabat di tepian sungai tentu jadi momen yang tidak akan terlupakan. Saat pagi wisatawan dapat menikmati momen sunrise sembari memancing ikan.

Baca: PANTAI NAMPU Gunung Kidul Tiket & Daya Tarik

Fasilitas di Sungai Oyo

Meski tidak terlalu banyak, fasilitas yang ada di tempat ini sangat memadai. Tersedia area parkir, toilet dan kamar mandi, mushola dan beberapa warung kuliner.

Lokasi Sungai Oyo

Wisata sungai ini beralamat di Putat, Selopamioro, Kec. Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota hanya berjarak 11 Km. untuk mencapainya bisa ditempuh dalam waktu sekitar setengah jam.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 30

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini