Beranda Destinasi Pilihan

Wisata Kota Batu: 8 Destinasi Unggulan

0

Mendengar nama Kota Batu, pikiran akan terbawa pada suasana liburan sejuk di Jawa Timur. Terkenal sebagai salah satu tujuan wisata unggulan, objek wisata di dalamnya memiliki ragam daya tarik. Mulai dari keindahan alamnya hingga wahana bermain yang menambah serunya suasana berlibur. Berencana ke sini, berikut 11 wisata kota batu favorit yang dapat menjadi pilihan berlibur:

1. Alun-alun Kota Wisata Batu

Alun-alun Kota Wisata Batu
Alun-alun Kota Wisata Batu. Foto: Instagram/740aerialvideography

Alun-alun Kota Batu merupakan destinasi ikonik dengan lokasi strategis dan akses yang mudah. Memiliki desain tertata rapi dengan taman, pepohonan, pagar dan bangku-bangku taman serta beberapa air mancur. Bahkan salah satu air mancurnya berdiameter lebih besar dengan tugu buah apel di bagian tengah. Sedangkan air mancur lainnya tanpa dikelilingi kolam dan sebagai tempat bermain air.

Bangunan fungsional di dalam Alun-alun juga memiliki bentuk apel hijau yang ikonik. Berbagai ornamen dan patung hewan seperti singa dan sapi turut menghiasi taman. Lokasi ini cocok untuk bersantai menikmati suasana berlatar Gunung Arjuna dan Gunung Kawi.

Sejauh ini Alun-alun Kota Wisata Batu terlihat layaknya taman bermain. Sebuah bianglala menjadi wahana favorit wisatawan untuk melihat keindahan Kota Batu dari ketinggian. Pada saat malam hari, pemandangannya semakin indah dengan hamparan gemerlap lampu. Destinasi ini juga memiliki berbagai permainan anak menarik dan sentra kuliner tradisional.

2. Museum Angkut

Museum Angkut memamerkan koleksi beragam kendaraan antik dan langka.
Museum Angkut memamerkan koleksi beragam kendaraan yang berjaya pada masanya. Foto: GMap/Dama rismana

Memiliki deretan koleksi kendaraan antik, Museum Angkut sering menjadi incaran tujuan wisata Kota Batu. Terletak di Jalan Terusan Sultan Agung 2, lokasinya berpagar jejeran perbukitan hijau. Selain itu udara di kawasannya pun sejuk dengan rintik hujan yang terkadang turun.

Memasuki gedung museum, suasana kota kuno yang estetik terasa begitu kental. Karena setiap spot tertata apik bertema movie set sesuai dengan karakter kendaraannya. Wisatawan dapat melihat kendaraan beroda empat seperti mobil-mobil klasik dan langka, dokar, hingga helikopter.

Dengan sentuhan estetik areanya, Museum Angkut sering menjadi latar foto yang disukai. Salah satu spot yang selalu ramai peminat yaitu Gangster Town yang berlatar era tempo dulu.

Selanjutnya di sekitar kawasan wisata Museum Angkut juga memiliki lokasi Pasar Apung Nusantara. Zona ini merupakan lokasi wisata kuliner dengan saung-saung di atas sungai. Selama di sini wisatawan dapat mencicipi aneka sajian kuliner khas tradisional maupun berperahu keliling perairannya.

3. Jatim Park 1

Wahana Pendulum 360 di Jatim Park 1.
Wahana Pendulum 360 di Jatim Park 1. Foto: Instagram/jatimparksatu

Jatim Park 1 berlokasi lebih awal sebelum Museum Angkut pada jalur masuk Kota Batu. Destinasi ini merupakan wahana bermain dengan aneka wahana ramah anak hingga wahana ekstrem.

Di dalam taman bermainnya memiliki waterpark lengkap dengan seluncur air, ember tumpah, dan bermacam wahana air lainnya. Misalnya Volcano Coaster, Flying Tornado, Pendulum 360, maupun Sky Ride merupakan pilihan wahana penantang adrenalin. Kemudian ada pula Science Center, Museum D’Topeng, Bagong Adventure, serta Museum Tubuh.

Sementara di samping pintu masuk Jatim Park 1, terdapat pusat kuliner Pasar Parkiran Batu. Zona ini tampil semarak dengan lampu warna-warni dan lampion cantik pada saat malam hari. Selanjutnya tersedia zona baca gratis, rumah kaca, dan wahana 3D art yang sering menjadi incaran sebagai arena berfoto.

Lokasinya berada di Jalan Kartika, Jatim Park 1 merupakan taman bermain terbesar pertama di Jawa Timur. Destinasi ini sekaligus menjadi cikal bakal Jatim Park 2 dan Jatim Park 3.

4. Jatim Park 2

Museum Satwa Jatim Park 2 berada dalam bangunan dengan pilar-pilar layaknya istana.
Museum Satwa Jatim Park 2 berada dalam bangunan dengan pilar-pilar layaknya istana. Foto: GMap/Dominggus Wenehen

Berbeda dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2 menawarkan taman bermain berkonsep satwa. Destinasi yang berada di Jalan Oro-oro Ombo ini membawa wisatawan lebih dekat dengan alam.

Salah satu zona wisatanya yaitu Batu Secret Zoo yang merupakan kebun binatang. Wisatawan dapat berkeliling areanya melihat tingkah polah dari berbagai hewan langka. Sedangkan Museum Satwa memamerkan koleksi unik aneka binatang yang terpajang. Bangunan museum ini menjadi salah satu spot foto incaran karena menyerupai istana dengan pilar-pilar.

Kemudian di sisi lain Jatim Park 2 juga bisa ditemukan Eco Green Park yang juga ramah anak. Ada pula akuarium berisi aneka spesies ikan dan juga pulau harimau. Tak ketinggalan, fantasy land , rumah terbalik, hingga river adventure melengkapi keseruan wahananya.

Jatim Park 2 juga menyediakan penginapan Pohon Inn Hotel dengan desain yang unik dan atraktif. Bangunannya sengaja dibentuk layaknya rumah pohon berukuran raksasa.

5. Jatim Park 3

Atraksi Five Ages of Dinosaurus di Jatim Park 3.
Atraksi Five Ages of Dinosaurus di Jatim Park 3. Foto: GMap/Syn Rebelz

Jatim Park 3 menawarkan wahana bermain terbaru dari Jatim Park Group. Lokasinya berada di jalan raya Ir. Soekarno, Koa Batu. Mengusung konsep mundur ke zona waktu terjauh, destinasi ini memilih era dinosaurus sebagai konsep wahananya.

Jatim Park 3 memberikan pengalaman baru dengan Dino Park, Fun Tech Plaza, serta Infinite World. Selanjutnya ada pula Museum Musik Dunia, The Legend Stars, hingga Milenial Glow. Setiap sudutnya memberikan nuansa yang unik, seperti Taman Ice Age dan berbagai miniatur tematik dunia.

Salah satu wahana favorit wisatawan yaitu atraksi The Five Age of Dinosaurus. Dalam lima deret kursi, hampir 50 wisatawan diajak berkeliling bersama dengan kereta. Selama tur berlangsung wisatawan akan berkenalan dengan berbagai masa dinosaurus dengan aneka latar. Duduk bersantai, wisatawan akan melewati nuansa berbagai era seperti Jaman Jurassic hingga jaman es.

6. Coban Putri

Coban Putri tujuan wisata kota batu dengan dua buah air terjunnya.
Coban Putri dengan dua buah air terjunnya. Foto : Instagram/nizal_amna_alfatih

Coban Putri memang populer sebagai salah satu tujuan wisata Kota Batu bertemakan alam. Destinasi ini memiliki 2 buah air terjun alami di kawasan yang asri. Areanya berada pada lokasi terbuka dan telah tertata rapi.

Pesona wisata air terjun kembar ini berada di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. Sementara lokasinya berada di ketinggian dengan berkeliling hutan pinus di kawasan pegunungan. Sehingga udaranya bersih dan sejuk dengan suasana teduh yang membawa ketenangan.

Berbagai spot foto estetik bertebaran di areanya, seperti ayunan maupun gardu pandang. Tak hanya mengambil air terjun sebagai latar, tapi juga hamparan hutan pinus di bawahnya. Jajaran pegunungan pun tak ketinggalan menghiasi suguhan alamnya yang memesona. Kawasan ini juga menjadi tempat untuk panjat tebing, offroad,  flying fox, serta berkemah.

7. Coban Talun

Coban Talun Kediri dengan cahaya matahari yang memberi nuansa magis.
Coban Talun Kediri dengan cahaya matahari yang memberi nuansa magis. Foto: GMap/Coban Talun

Coban Talun menyajikan suasana air terjun dikelilingi rimbunnya tumbuhan menghijau dan bebatuan. Udara area sekitar air terjun sangat sejuk bahkan di tengah hari yang terik. Cahaya matahari menembus tebing air terjun pada saat siang maupun sore hari memberi nuansa magis.

Berada di Desa Tulungrejo, Coban Talun telah disulap menjadi wisata kekinian Kota Batu. Destinasi ini juga memiliki taman bunga, Pagupon Camp, dan berbagai wahana seru. Wisatawan bisa berkeliling area dengan ATV atau menjajal keseruan rafting di aliran sungainya.

8. Predator Fun Park

Taman hiburan Predator Fun Park di Kota Batu mengambil tema reptil.
Taman hiburan Predator Fun Park di Kota Batu mengambil tema reptil. Foto: GMap/Erfita Indriastuti

Predator Fun Park merupakan arena berlibur favorit keluarga di Kota Batu. Taman hiburan bertemakan reptil ini memiliki waterpark dengan berbagai atraksi termasuk wahana edukatif.

Memasang buaya sebagai maskot, destinasi di jalan raya Tlekung ini juga mempunyai Galeri Buaya. Selain itu juga terdapat wahana outbond, Family Fun House, Croco Train, hingga Saung Angklung.

9. Batu Flower Garden

Batu Flower Garden berada di tengah hutan pinus berlatar rangkaian perbukitan.
Batu Flower Garden berada di tengah hutan pinus berlatar rangkaian perbukitan. Foto: GMap/itan juniawan

Batu Flower Garden merupakan tujuan wisata Kota Batu dengan sajian alam di Lereng Gunung Panderman. Berdiri di dalam kawasan hutan Perhutani, lokasi wisata ini terkenal juga sebagai studio alam. Suguhan pemandangan alamnya sangat memukau di ketinggian setidaknya 1000 Mdpl.

Beralamat di Jalan Oro-Oro Ombo, tempat ini merupakan salah satu wisata instagrammable Kota Batu. Memiliki taman bunga dengan koleksi aneka warna dan jenis tampak indah berlatar hijaunya jejeran hutan pinus. Selain banyaknya spot foto, terdapat pula wahana sepeda gantung yang menguji nyali di ketinggian.

10. Taman Wisata Selecta

Taman Wisata Selecta tujuan wisata kota batu yang telah populer selama hampir satu abad.
Tatanan apik Taman Wisata Selecta yang telah populer selama hampir satu abad. Foto: GMap/Lailatul Fitriyah

Taman Wisata Selecta telah menjadi lokasi peristirahatan strategis sejak era kolonial Belanda. Hampir seabad hingga kini, destinasi ini menjadi tujuan wisata bersama keluarga idola di Kota Batu.

Taman bunganya yang terhampar luas menjadi suguhan utama yang memanjakan mata. Selain itu Taman Wisata Selecta juga memiliki waterpark lengkap dengan wahana airnya seperti seluncur air. Areanya juga menyediakan lokasi untuk naik perahu dayung serta wahana sepeda gantung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini