Lembah Pasir Sumbul Parabon Harga Tiket Masuk dan Daya Tarik Mei 2024

  • Harga Tiket Masuk Lembah Pasir Sumbul Parabon: Rp15.000 - Rp35.000
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: +6283156443930
  • Alamat: Kp.Parabon pojok 04/03, Ciloto, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43253

Kabupaten Cianjur yang berada di kawasan pegunungan memang cocok jadi tujuan wisata alam. Baru-baru ini terdapat tujuan wisata yang sedang hits yaitu Lembah Pasir Sumbul Parabon. Kawasan hutan pinus dengan area padang rumput hijau terbuka. Obyek wisata ini cocok untuk aktivitas berkemah dan lebih dekat dengan alam.

Lembah Pasir Sumbul Parabon masih berada dalam kawasan wisata puncak. Keindahan lereng Gunung Gede Pangrango memang tidak bisa diragukan lagi. Termasuk halnya dengan apa yang tersaji di tempat wisata alam ini. Udara sejuk khas dataran tinggi dengan alam yang masih asri cocok sebagai tujuan menyegarkan pikiran.

Harga Tiket Masuk Lembah Pasir Sumbul Parabon

Berkunjung ke tempat ini wisatawan akan ditarik biaya masuk. Tidak perlu khawatir karena harga tiketnya masih terjangkau mulai dari Rp15.000 – Rp35.000. Sementara bagi yang ingin berkemah akan ada biaya sendiri. Namun masih murah dan ramah di kantong.

Jenis TiketHarga Tiket
Tiket Masuk WisataRp15.000
Tiket Camping Weekday & WeekendRp35.000
Pre Wedding Per HariRp500.000
TendaRp100.000-1.500.000
Harga Tiket Masuk Lembah Pasir Sumbul Parabon

Baca: WISATA ALAM SEVILLAGE Tiket Masuk & Wahana Spektakuler

Jam Buka Lembah Pasir Sumbul Parabon

Sementara untuk jam bukanya tempat ini selalu buka selama 24 jam. Jadi wisatawan bisa lebih leluasa untuk datang kapan saja. Jika ingin menikmati keindahan dari tempat ini disarankan datang saat pagi atau sore hari. Kemudian untuk jam buka area wisata mulai pukul 07.00 pagi hingga jam 11 malam.

Bumi Perkemahan Dengan Pesona Hutan Pinus

Suasana asri di Lembah Pasir Sumbul P
Hutan pinus dengan rerumputan yang cocok untuk berkemah. Foto: Gmaps/ Lembah Pasir Sumbul Parabon

Kawasan hutan pinus memang selalu mampu menjadi daya tarik wisata. Berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tempat wisata ini terbilang masih baru. Di Lembah Pasir Sumbul Parabon wisatawan bisa berkemah sekaligus menikmati hamparan pepohonan pinus. Dibanding wisata hutan pinus lain tempat ini sedikit berbeda. Karena areanya berupa tanah lapang dengan rerumputan hijau yang segar.

Dari obyek wisata ini wisatawan dapat melihat pemandangan rangkaian perbukitan. Selain itu kemegahan Gunung Gede Pangrango juga terlihat jelas. Meski terlihat sangat asri dan terpencil namun lokasinya sangat strategis. Obyek wisata ini dekat dengan hotel dan restoran yang ada di kawasan wisata Puncak. Sehingga akan memudahkan wisatawan untuk menemukan lokasinya.

Baca: Tiket Masuk TAMAN SAFARI Cisarua & 7 Atraksi Seru

Trekking Santai untuk Mencapai Area Hutan Pinus

Rute menuju area hutan pinus
Wisatawan akan berjalan melewati area perkebunan yang sangat cantik. Foto: Gmaps/Lembah Pasir Sumbul Parabon

Setelah memarkir kendaraan wisatawan perlu sedikit trekking. Namun tidak perlu khawatir karena perjalanannya tidak terlalu jauh. Hanya berjarak sekitar 200 meter melewati pemukiman dan ladang milik penduduk. Di sepanjang jalur perjalanan akan bertemu dengan warga sekitar yang sangat ramah.

Sesekali wisatawan akan melewati anak tangga yang menanjak. Tak lama setelah itu akan mulai memasuki area hutan. Jalurnya berubah menjadi jalan setapak tanah yang tidak terlalu lebar. Di pintu gerbang masuk hutan banyak terdapat pedagang. Wisatawan bisa membeli aneka makanan dan minuman. Kayu bakar hingga tanaman hias.

Baca: Kebun Teh Puncak Gunung Mas Tiket Masuk & Aktivitas

Menikmati Asrinya Kawasan Hutan Pinus

Hutan pinus dengan suasana yang sangat teduh
Keindahan hutan pinus dengan rerumputan hijau di bawahnya.m Foto: Gmaps/ Irfan Bayu Aji

Sesampainya di area hutan pinus wisatawan akan terpukau dengan keindahannya. Pohon pinus yang tumbuh cukup rapat membuat tempat ini terasa sangat teduh. Di bawahnya berupa area rerumputan datar yang berundak-undak. Wisatawan bisa duduk bersantai di area tersebut sambil menggelar tikar. Suasananya sangat asri dan menyegarkan mata.

Meski terbilang wisata baru namun kawasan hutan pinus ini sudah tertata rapi. Di kejauhan rangkaian perbukitan hijau terlihat begitu memesona. Karena berada di ketinggian kawasan ini kerap kali berselimut kabut.

Baca: TELAGA WARNA Puncak Tiket Masuk & Pesona

Berkemah di Lembah Pasir Sumbul Parabon

Sebagai bumi perkemahan tentu aktivitas favorit di tempat ini adalah berkemah. Areanya yang berupa rerumputan rata yang berundak-undak bisa memuat banyak tenda. Selain itu di sekitar area berkemah sudah terdapat sumber air. Sehingga wisatawan punya banyak cadangan air untuk aktivitas berkemah.

Kawasannya yang asri dan cantik membuat betah untuk berlama-lama. Pada saat sore dan langit cerah tempat ini menghadirkan momen sunset yang menawan. Ketika malam wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan misalnya api unggun ataupun masak-masak. Suasana hutan yang tenang berteman suara jangkrik dan serangga lain memang menentramkan jiwa.

Baca: TELAGA SAAT Puncak Tiket Masuk & Aktivitas

Sunrise Memukau

Suasana fajar di Lembah -Pasir Sumbul Parabon
Berkemah di tempat ini wisatawan berkesempatan menikmati momen fajar yang sangat menyejukkan hati. Foto: Gmaps/Ayuningtyas

Layaknya kawasan dataran tinggi, saat pagi hari memang sangat ditunggu terutama untuk menikmati matahari terbit . Sinar jingga yang menyorot area hutan pinus terlihat sangat romantis. Kabut tipis dan udara dingin menjadi ciri khas kala pagi. Suara burung yang berkicau semakin menambah kenikmatan momen pagi hari di tempat ini. Bukit-bukit, kebun sayur dan buah,  sawah dan hutan terlihat semakin cantik ketika pagi hari.

Fasilitas Lembah Pasir Sumbul Parabon

Tempat wisata alam yang satu ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai. Tersedia area parkir luas, toilet, musala, warung kuliner, wifi, sumber air dan beberapa fasilitas penunjang lainnya.

Lokasi Lembah Pasir Sumbul Parabon

Untuk lokasinya sendiri beralamat di Kp.Parabon pojok 04/03, Kecamatan Ciloto, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dari pusat kota Cianjur berjarak sekitar 25 Km. untuk mencapainya bisa ditempuh perjalanan sekitar kurang lebih satu jam. Aksesnya sudah cukup baik namun tidak terlalu lebar. Bagi yang membawa mobil harus lebih ekstra hati-hati karena jalannya yang sempit.

Berikan Rating

4.6 - 52 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Satu komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *