Beranda Tiket Wisata

CANDI PENATARAN Blitar Tiket & Daya Tarik - Juni 2020

Candi Penataran Harga Tiket: Rp3.000 - Rp5.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Desa Penataran,Nglegok,Blitar,Jawa Timur,Indonesia,66181.

Candi Penataran atau bernama asli Candi Palah merupakan kompleks candi Hindu terluas di Jawa Timur. Kompleks candi ini mencakup tanah seluas 12.946 meter persegi. Dengan area taman yang cantik berisi berbagai pohon dan bunga.

Sehingga pengunjung yang datang bisa lebih menikmati suasana asri pegunungan sembari belajar mengenai situs peninggalan sejarah. Tak hanya terkenal akan bangunannya, Candi ini juga dikenal akan cerita mistis yang melingkupinya.

Tiket Masuk Candi Penataran

Untuk bisa memasuki kompleks candi, pengunjung hanya dikenai biaya masuk beberapa ribu saja. Jika membawa kendaraan pribadi, pengunjung juga perlu mempersiapkan biaya tambahan untuk parkir kendaraan

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk (weekdays)Rp3.000
Tiket masuk (weekend)Rp5.000
Parkir motorRp2.000
Parkir mobilRp5.000

Baca: 11 Tempat Wisata Pilihan di Blitar

Jam Buka

Candi ini buka dari pagi hingga sore hari. Namun waktu paling tepat untuk berkunjung adalah di pagi atau sore hari, agar pengunjung tidak mendapat sengatan sinar matahari yang terlalu panas. Bahkan di sore hari, pengunjung bisa menikmati suasana matahari terbenam yang indah.

Jam Operasional Candi
Setiap Hari08.00 – 17.00

Daya Tarik Wisata Candi Penataran

Suasana Kompleks Candi Penataran Blitar. Foto: Google Maps / Widya Pramana
Suasana Kompleks Candi Penataran Blitar. Foto: Google Maps / Widya Pramana.

Kompleks Candi Penataran terbagi menjadi tiga area, yaitu halaman depan, halaman tengah dan halaman belakang. Masing-masing halaman terdiri dari beberapa bangunan candi dan arca-arca di sekitarnya. Begitu masuk ke halaman depan, pengunjung akan disambut oleh dua arca Dwarapala.

Baca: Wisata Makam Bung Karno Tiket & Aktivitas

3 Bangunan Candi Paling Menarik

Kompleks Candi Penataran berisi beberapa bangunan candi dengan keunikan yang berbeda-beda. Masing-masing memiliki ceritanya tersendiri dan patut untuk diabadikan. Berikut adalah tiga bangunan dalam komplek candi yang paling menarik perhatian pengunjung.

Candi Candra Sengkala

Candi Candra Sengkala. Foto: Google Maps / Komang Pradnyana
Candi Candra Sengkala di Kompleks Candi Penataran Blitar. Foto: Google Maps / Komang Pradnyana

Candi Candra Sengkala merupakan bangunan candi yang paling dikenal oleh pengunjung. Candi ini menjulang tinggi dibandingan candi lain yang ada. Candi yang terletak di halaman depan ini juga dikenal sebagai Candi Brawijaya atau Ganesha, karena di dalamnya terdapat arca Ganesha.

Baca: Kampung Afrika Blitar Tiket & Wahana

Candi Naga

Bangunan Candi Naga . Foto: Google Maps / rizka wahyuu
Candi Naga di Kompleks Candi Penataran Blitar. Foto: Google Maps / rizka wahyuu

Pada bagian halaman tengah, terdapat satu candi berbentu persegi dengan relief naga di dinding candi. Oleh karena itu, candi ini disebut dengan Candi Naga. Saat ini Candi Naga hanya tersisa bagian kaki dan badan candi

Baca: KAMPUNG COKLAT Blitar Tiket & Aktivitas

Candi Utama di Kompleks Candi Penataran

Candi Utama di Kompleks Candi Penataran Blitar. Foto: Google Maps / Sandy Trafonta
Candi Utama di Kompleks Candi Penataran Blitar. Foto: Google Maps / Sandy Trafonta

Bangunan utama Candi Penataran terletak di halaman belakang. Candi utama ini berlokasi di area yang tanahnya lebih tinggi daripada bagian lainnya. Hal ini menggambarkan kesakralan bangunan ini yang melebihi bangunan candi lainnya. Candi induk ini terdiri dari tiga teras yang tersusun ke atas, dengan ketinggian sekitar tujuh meter. Relief di dinding candi ini menceritakan legenda Ramayana.

Baca: TAMAN KEBON ROJO Blitar Tiket & Atraksi Wisata

Area Study Tour Sekolah

Anak Sekolah Belajar di sekitar kompleks candi. Foto: Google Maps / Lare Bronxoz
Anak Sekolah Belajar di Kompleks Candi. Foto: Google Maps / Lare Bronxoz

Tak jarang Candi Penataran dijadikan lokasi study tour sekolah dasar hingga menengah. Dengan demikian para siswa bisa mendapatkan pemahaman lebih terhadap pelajaran sejarah yang diajarkan di sekolah. Selain itu siswa juga bisa menikmati kesempatan belajar di ruang terbuka

Menikmati Suasana Kaki Gunung Kelud

Candi Penataran berlokasi di lereng barat daya Gunung Kelud, dengan ketinggan 450 mdpl. Oleh karena itu pengunjung akan menemukan suasana sejuk pegunungan di kawasan ini. Untuk menunjang suasana, di dalam kompleks candi juga dibangun taman-taman dan disediakan bangku untuk pengunjung beristirahat.

Baca: Negeri Dongeng Blitar Tiket & Wahana

Wisatawan yang berkunjung bersama keluarga bisa duduk-duduk di taman sembari menikmati perbekalan yang dibawa. Namun perlu diingat untuk selalu menjaga kebersihan dan membuang  sampah sisa makanan di tempat sampah yang disediakan.

Segarnya Kolam Pemandian Penataran

Kolam Pemandian Penataran Blitar. Foto: Google Maps / Abu Hanif
Kolam Pemandian Penataran Blitar. Foto: Google Maps / Abu Hanif

Di dekat kompleks candi, terdapat kolam pemandian yang bisa dikunjungi. Wisatawan bisa menikmati birunya kolam air sambil berenang.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Kompleks diantaranya adalah toilet, mushola dan tempat parkir yang luas. Bagi pengunjung yang hendak mencari oleh-oleh atau makanan khas pun tidak perlu khawatir. Karena di sekitar candi tersedia pusat kuliner dan pusat oleh-oleh khas Blitar.

Rute ke Candi Penataran

Rute menuju candi ini cukup mudah, dengan kondisi jalan yang bagus. Dari pusat kota Blitar, pengunjung bisa berjalan ke Jalan Barito Selatan. Kemudian belok kanan ke Jalan Kalibrantas, lalu belok kiri ke Jalan Ciliwung, lanjut belok kanan ke Jalan Sawunggaling. Selanjutnya ambil arah ke Jalan Raya Penataran. Kompleks candi berada di sisi kiri jalan.

Lokasi Candi Penataran

Kompleks Candi terletak di sebelah utara kota Blitar. Tepatnya di tengah pemukiman warga di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Kompleks candi ini berjarak sekitar 12 km dari pusat kota Blitar, dengan waktu tempuh sekitar 25 menit.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini